Difabel Masih Minim Ikuti Vaksinasi

0
5
picsart 03 17 07.53.48
VAKSIN - Suasana vaksinasi di FKTP Sudirman, Denpasar, Rabu (17/3/2021).

Dauh Puri, DENPOST.id

Di antara sasaran kelompok pada vaksinasi prioritas kedua, partisipasi kalangan difabel dalam mengikuti vaksinasi tergolong minim dibanding kelompok lansia.

Kondisi itu, diakui Kepala Kesehatan Kodam IX/ Udayana, Kol. CKM. dr. I Made Mardika. Ditemui, Rabu (17/3/2021) di ruangannya menyatakan bahwa pihaknya telah gencar melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19.
Khusus kepada lansia dan difabel, disediakan layanan secara drive thru di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Sudirman, Denpasar.

Baca juga :  GTPP Denpasar Tekankan Kesadaran Bersama Cegah Penularan dan Penegakan Prokes

“Vaksinasi drive thru khusus untuk disabilitas sudah gencar dilakukan sosialisasi dari awal mulai pelaksanaannya. Dan beberapa masyarakat disabilitas yang mengikuti vaksinasi ini merasa tertolong dengan adanya kegiatan dari Kesdam ini,” terangnya.

Sejak layanan drive thru dilaksanakan, sekitar lima difabel telah berhasil divaksin. Beberapa lainnya tidak memenuhi syarat, misalnya berusia di bawah 19 tahun. Minimnya difabel yang menjalani vaksin disebabkan jumlah mereka memang sedikit.

Baca juga :  Denpasar Tambah 2 Positif Covid-19

Sementara pihaknya belum menerapkan layanan ke rumah-rumah untuk menjalani vaksinasi. “Banyak masyarakat yang datang membawa keluarganya yang menyandang disabilitas tapi masih berumur anak-anak, sementara untuk anak-anak saat ini belum dapat mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19, harus yang di atas umur 19 tahun dan memenuhi syarat skrining,” ungkapnya. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini