Ini Alasan Kenapa Tetap Harus Taat Prokes Meski Telah Divaksin

0
7
Ini Alasan Kenapa Tetap Taat Prokes Meski Telah Divaksin
VAKSINASI - Proses vaksinasi pelayan publik di termin kedua mulai dilakukan, Kamis (18/3/2021).

Amlapura, DENPOST.id

Vaksinasi termin kedua mulai dilakukan di Karangasem. Vaksinasi menyasar ribuan pelayan publik. Meski telah divaksin, masyarakat tetap diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab potensi terinfeksi masih bisa terjadi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama, menjelaskan, secara teori jika telah divaksin kekebalan yang dibentuk akan menangkal virus yang masuk. “Namun jika virus lebih kuat dibanding kekebalan tubuh, bisa saja kembali terinfeksi. Meski mungkin gejalanya ringan,” jelasnya.

Baca juga :  Bagikan Status Bernada Menantang, Kadus Uma Anyar Lepas Ini

Putra Pertama juga mengimbau peserta vaksinasi agar tak menunda waktu vaksinasi kedua. “Secara grafik, di hari ke-14 adalah puncak, jadi bagus untuk di-bootster agar semakin naik, tidak turun. Kalau dilakukan lebih awal atau lebih dari 14 hari kurang maksimal,” imbuhnya. Karenanya dalam proses menerima vaksin, dia berharap agar penerima vaksin menjaga kondisi fisik. Agar kekebalan dalam tubuh dapat terbentuk maksimal.

Baca juga :  Nelangsa I Made Kuta, Ditinggal Ortu dan Derita Penyakit Kulit

Usai vaksinasi kedua, di hari ke-7 untuk mengetahui apakah kekebalan atau antibodi sudah terbentuk, masyarakat dapat melakukan test secara mandiri. “Melalui rapid test yang mengambil sampel darah. Itu tidak wajib dilakukan. Tapi jika ingin mengetahui boleh saja,” katanya.

Mengenai tahap vaksinasi selanjutnya, Putra Pertama akan kembali menyasar para pelayan publik. “Seperti guru, ada yang belum mendapatkan vaksin. Kami targetkan seluruh pelayan publik selesai di Bulan Mei, sehingga Juni hingga Juli akan mulai menyasar masyarakat umum,” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  27 Desa di Karangasem Masuk Zona Merah Rabies

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini