Donor Darah Pascavaksin? Ini Syaratnya

0
10
Donor Darah Pascavaksin? Ini Syaratnya
CEK KESEHATAN - Kepala UTDC Buleleng, dr. Rizani, saat mengecek kesehatan mahasiswa yang akan donor darah, Jumat (19/3/2021) di Kampus STKIP Agama Hindu Singaraja.

Singaraja, DENPOST.id

Meski pandemi Pandemi-19, antusias warga untuk mengikuti donor darah tetap tinggi. Namun masyarakat yang ingin donor darah, dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh biar fit. Selain itu, warga yang sudah menjalani vaksin Covid-19 tahap kedua, tidak dianjurkan langsung bisa mendonor. Kepada para pendonor yang sudah menerima vaksin kedua direkomendasikan bisa mendonor setelah 4 minggu (28 hari).

“Kalau yang sudah divaksin, empat minggu setelah vaksin tahap dua baru boleh mendonor,” terang Kepala UTDC Buleleng, dr. Rizani, di sela-sela donor darah mahasiswa di Kampus STKIP Agama Hindu Singaraja, Jumat (19/3/2021). Dikatakannya, antibodi baru terbentuk setelah 28 hari pascavaksin tahap kedua.

Baca juga :  Pandemi, Mahasiswa Buleleng Buat Video Kreatif Lawan Covid-19

Ditambahkan Rizani, UTDC Buleleng melakukan upaya jemput bola untuk pelayanan donor darah untuk mengurangi kerumunan di rumah sakit. Ketua Panitia Donor Darah Prodi Bahasa Inggris STKIP Agama Hindu Singaraja, Gorby Irawan, mengatakan, sebanyak 50 mahasiswa ditarget untuk mengikuti kegiatan serangkaian HUT ke-36 Prodi Bahasa Inggris. “Kita tetap melaksanakan dengan mengikuti prokes untuk menghindari penularan Covid-19,” ucapnya. Dia berharap, darah yang didonorkan dapat membantu warga yang memerlukan dan mensuplai stok darah di UTDC Buleleng. (118)

Baca juga :  Di Buleleng, 17 Orang Sembuh

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini