Pendemi, Baru 25 Persen Koperasi Gelar RAT

0
5
Pendemi, Baru 25 Persen Koperasi Gelar RAT
Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Denpasar, I Made Erwin Suryadarma Sena

Lumintang, DENPOST.id

Hingga pertengahan Maret ini, baru 25 persen (187 koperasi) di Denpasar yang menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT). Padahal pelaksanaan RAT koperasi primer berakhir 31 Maret mendatang.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Denpasar, I Made Erwin Suryadarma Sena, Jumat (19/3/2021) mengatakan, mulai awal Januari hingga akhir Maret ini menjadi momentum penting bagi koperasi. Sesuai aturan, koperasi tutup buku Desember 2020 wajib melaksanakan RAT khusus untuk koperasi primer 3 bulan. Sedangkan koperasi sekunder, pelaksanaan RAT 6 bulan sampai Juni mendatang.

Baca juga :  Dikeluhkan, Pengamen Marak Beroperasi di Perempatan Gatsu Barat- Cargo

Dikatakannya, koperasi yang sudah melaksanakan RAT baru 187 koperasi baik lewat daring maupun ofline. “Artinya masih ada 563 koperasi (75 persen) belum melaksanakan RAT sampai saat ini. Kami sudah bersurat kepada koperasi agar mengirim laporan RAT ke Diskop UMKM. Karena laporan yang disampaikan sangat penting untuk dikirim ke Diskop UKM Provinsi Bali maupun ke pusat,’’ kata Erwin Suryadarma.

Lebih lanjut dikatakan, sesuai Anggaran Dasar (AD) Koperasi dan Permenkop Nomor 19/PER/M.KUKM/XI/2015 serta Undang-Undang No. 25 Tahun 1992, setiap koperasi wajib mengadakan RAT meskipun masih pandemi Covid-19. Erwin mengaku memahami dari tahun 2020 hingga tahun 2021 ini koperasi menghadapi tantangan cukup berat terutama operasional. Kalau ada koperasi tidak RAT akan ditegur sekaligus dibina. ”Koperasi yang tidak melaksanakan RAT tidak diberi pelayanan dan fasilitas, seperti mendapat bantuan dari Pemkot Denpasar, bantuan Pemprov Bali maupun bantuan pemerintah pusat. Koperasi yang memperoleh bantuan syaratnya harus melaksanakan RAT,’’ pungkasnya. (103)

Baca juga :  Bangkitkan Ekonomi Krama, LPD Kedonganan Buka Tekad

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini