Warga Jungutan Sulit Akses Air bersih, TNI Bangun Hidram

0
24
Warga Jungutan Sulit Akses Air bersih, TNI Bangun Hidram
POMPA - Mayjen TNI Maruli Simanjuntak meresmikan pompa hidram, Selasa (24/3/2021).

Amlapura, DENPOST.id

Mimpi sebagian besar warga di Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem untuk mudah mendapatkan air akhirnya tercapai. Tentara Nasional Indonesia (TNI), Rabu (24/3/2021) mengoperasikan pompa hidram yang mampu mensuplai ribuan liter air ke 192 KK yang tinggal di perbukitan Lereng Gunung Agung, Jungutan. Warga merespons positif hal ini, sebab tak lagi harus berjalan berkilo-kilo untuk mencari air bersih, terutama saat musim kemarau.

Diresmikan Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, pembangunan  hidram ini diharapkan dapat bermanfaat bagi warga sekitar. “Ini juga dapat dimanfaatkan untuk pertanian atau perkebunan. Ini sekaligus jadi percontohan bagi wilayah yang ada mata air namun belum bisa menyalurkan. Dengan percontohan ini kami siap membantu di daerah yang memerlukan seperti ini, ” jelasnya.

Baca juga :  Sejumlah Gong di Pura Puseh Desa Pempatan Digondol Maling

Di kawasan Jungutan memang memiliki kawasan mata air yang cukup berlimpah. Namun selama ini warga yang tinggal di perbukitan harus turun untuk mendapatkan air.  Dengan bantuan mesin pompa hidram, yang dikerjakan selama 10 hari ini, mata air di tampung di bak berkapasitas ribuan liter. Lalu disalurkan naik ke sebuah bak yang diletakkan di perbukitan berjarak 700 meter. Dalam bak berkapasitas 5.000 liter, pompa mampu mensuplai 7 liter air tiap menitnya. “Kami bangun dua, satu lagi di Tianyar. Semoga dapat benar-benar bermanfaat untuk warga, ” harap Maruli.

Baca juga :  Meski Keterbatasan Ekonomi, Seniman Gender Asal Waliang Buka Kursus Gratis

Salah seorang warga, Wayan Sutiani, mengaku amat bahagia. Sebab sebelumnya dalam sehari ia harus tiga kali naik-turun bukit untuk mencari air. “Sekarang sudah lebih mudah. Khususnya pada  musim kemarau. Kalau musim hujan kami biasa menampung air hujan di cubang, ” ungkapnya. Tak jarang saat kemarau ia sampai membeli air untuk keperluan sehari-hari. “Semoga ini dapat kami manfaatkan seterusnya, ” harapnya. (yun)

Baca juga :  Motif Kain Gringsing Termuat di Pecahan Rp 75 Ribu, Ini Harapan Warga

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini