Dua Warga Pangkung Dedari Digigit Anjing Rabies

0
12
Dua Warga Pangkung Dedari Digigit Anjing Rabies
ELIMINASI - Eliminasi dan vaksinasi dilaksanakan petugas pascagigitan anjing rabies di Pangkung Dedari, Melaya.

Negara, DENPOST.id

Kasus gigitan anjing rabies kembali terjadi di Jembrana. Kali ini, dua orang warga digigit anjing rabies di Dusun Pangkung Dedari, Melaya. Sebelumnya, di lokasi yang sama empat warga juga digigit anjing gila.

Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Peternakan Jembrana, Wayan Widarsa, Kamis (25/3/2021) mengatakan, dua korban yang digigit anjing tersebut yakni Wayan Werti dan Gede Arya.

Baca juga :  Pengendara Motor Tewas Diseruduk Truk

“Kedua korban sudah datang ke puskemas untuk mendapatkan VAR 1,” jelasnya. Menurut Widarsa, anjing tersebut semua diliarkan sehingga diduga sempat kontak dengan kasus yang pertama. “Hasil respons kemarin, vaksinasi rabies emergency 51 ekor dan eliminasi selektif 12 ekor. Untuk yang kulitnya  rusak, liar dan ada yang punya diserahkan ke  pemiliknya,” jelasnya.

Sebelumnya, petugas dari bidang kesehatan hewan dan Kesmafet Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana melakukan vaksinasi rabies terhadap  22 ekor anjing milik warga,. Selain itu juga dilakukan pengambilan sampel otak anjing yang diduga pernah kontak langsung dengan anjing rabies yang menyerang warga.

Baca juga :  Tanaman Kakao di Jembrana Perlu Regenerasi

Widarsa berharap masyarakat tidak meliarkan anjing. “Anjing harus  dirawat dengan baik dan pemilik melakukan vaksinasi rabies secara  rutin, serta melaporkan setiap ada gigitan anjing/HPR ke petugas,” sarannya. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini