Sikapi TPA Liar di Depan Lagoon, Lurah Benoa Minta Instansi Terkait Evakuasi Sampah

0
3
Sikapi TPA Liar di Depan Lagoon, Lurah Benoa Minta Instansi Terkait Evakuasi Sampah
JADI SOROTAN - Sampah di Tahura depan Lapangan Lagoon yang menjadi sorotan hingga dibahas dalam Rakor Kelurahan Benoa. DENPOST.id/ist

Nusa Dua, DENPOST.id

Serbuan sampah di TPA liar Tahura depan Lapangan Lagoon menjadi pembahasan dalam rakor Kelurahan Benoa dengan instansi terkait lainnya, Rabu (24/3/2021). Diminta komentarnya terkait hasil rakor tersebut, Lurah Benoa, Wayan Karang Subawa memaparkan, untuk jangka pendek, pihaknya akan meminta bantuan instansi terkait yakni Dinas PUPR dan DLHK Badung untuk mengevakuasi sampah yang menumpuk dan tanahnya diratakan.

Sembari menyosialisasikan agar warga sekitar tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut, Karang juga akan berkoordinasi dengan pihak UPT Tahura Ngurah Rai selaku pemilik lahan. Dia berharap ada program dari Tahura untuk mengantisipasi hal itu kembali terulang.

Baca juga :  Sambut Budaya Hidup Baru, Sekda Adi Arnawa Tinjau Kesiapan ODTW

“Salah satunya mungkin dengan memagari area tersebut dan memasang plang larangan membuang sampah,” ujarnya, Kamis (25/3/2021).

Terkait pembuang sampah di sana, Karang mengungkapkan, dari informasi yang didapatnya sampah tersebut diduga berasal dari warga sekitar lokasi. Sepengetahuannya, sampah menumpuk di Tahura tersebut baru terjadi sejak pandemi. Kemungkinan dipicu ketidakmampuan perekonomian warga dalam membayar jasa layanan sampah akibat terdampak pandemi.

Selain itu, layanan pengangkutan sampah dari jasa sampah juga belum mampu menjangkau penduduk di lingkungan sekitar lokasi karena  gang yang harus dilalui relatif kecil. “Pandemi ini membuat ekonomi dan kesadaran masyarakat menurun. Kalau dulu tidak seperti ini, kita juga tahun ke tahun telah melakukan edukasi,” akunya. (113)

Baca juga :  Giri Prasta Minta Pimpinan OPD Ciptakan Program “Out of the Box”

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini