Dinas PUPR Tertibkan Puluhan Bangunan Tanpa IMB

0
4
Dinas PUPR Tertibkan Puluhan Bangunan Tanpa IMB
Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Kota Denpasar, I Putu Tony Marthana Wijaya

Lumintang, DENPOST.id

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar dari Januari hingga 25 Maret 2021 menertibkan puluhan bangunan tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan melanggar sempadan jalan. ”Tim kita setiap hari turun ke lapangan mengecek bangunan baru, memastikan apakah sudah memiliki IMB atau belum. Kalau belum mengantongi IMB langsung diberi surat peringatan (SP) satu untuk mengurus kelengkapan izin sesuai peruntukan bangunan,’’ kata Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Kota Denpasar, I Putu Tony Marthana Wijaya, Kamis (25/3/2021).

Dikatakannya, selama pandemi Covid-19 masyarakat yang membangun sedikit, sehingga pelanggaran bangunan tanpa izin yang ditangani juga kecil. Jika ada ada bangunan sampai mendapat SP 3 tidak mendapat respons maka penanganan selanjutnya diserahkan ke Satpol PP Kota Denpasar guna mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan. ”Sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi), kami hanya memberikan surat peringatan (SP) satu sampai SP tiga. Selanjutnya diserahkan penanganan ke Satpol PP sebagai penegak perda,’’ kata Tony Marthana.

Baca juga :  Cegah Virus Corona, Gubernur Imbau Warga Tetap di Rumah pada 26 Maret

Dia mencontohkan, bangunan yang melanggar salah satunya perumahan Andakasa Residence, Jl. Gunung Andakasa, Lingkungan Padangsari, Kelurahan Padangsambian. Proyek tersebut sudah diberikan SP 1 sampai SP 3 sekaligus pembangunannya dihentikan karena belum mengantongi IMB dan melanggar sempadan jalan. ”Sekarang ranahnya Satpol PP menjalankan tugasnya sebagai eksekutor di lapangan terhadap bangunan yang tidak mengikuti aturan yang ada,’’ pungkasnya. (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini