Setahun, Tim Yustisi Karangasem Tindak 9.023 Pelanggar Prokes

0
3
Setahun, Tim Yustisi Karangasem Tindak 9.023 Pelanggar Prokes
PROKES - Sejak 2020, Tim Yustisi Prokes Karangasem berhasil menjaring 9.023 pelanggar.

Amlapura, DENPOST.id

Giat penertiban protokol kesehatan (prokes) di Kabupaten Karangasem selama setahun terkahir berhasil menjaring ribuan pelanggar. Tepatnya mencapai 9.023 irang, di mana didominasi pelanggaran terkait penggunaan masker.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Penegakan Undang – Undang Daerah Satpol  PP Kaarangasem, I Made Aditya Sugiarta. Diwawancara beberapa waktu  lalu, Sugiarta menuturkan, pelanggar yang diberi pembinaan lisan sebanyak 7.457 orang. 1.447 orang dijatuhi sanksi penundaan administrasi dan 199 orang didenda. “Keputusan memberi denda dan sanksi administrasi diambil untuk membuat efek jera agar patuh pada prokes,” katanya.

Baca juga :  Begini Reaksi Komisioner dan Staf KPU Karangasem Saat Dites Cepat

Lebih lanjut dikatakan, pelanggaran tersebar di seluruh kecamatan. Namun paling banyak ditemukan di wilayah Kecamatan Kubu dan Karangasem. “Ada yang membawa masker namun tak digunakan, atau menggunakan masker namun tidak benar penggunaannya dan ada pula yang sama sekali tidak membawa masker,” katanya.

Dalam penerapan di lapangan, pihaknya mengutamakan penindakan secara  humanis. Artinya cenderung mengedepankan cara persuasif untuk taat pada prokes. Sanksi denda atau penundaan administrasi diberlakukan pada warga yang sama sekali tak membawa masker atau melawan petugas saat dibina. “Syukur dari total kasus pelanggaran, kami tak menemukan pelanggaran para pengusaha seperti toko atau warung. Semua sudah taat prokes,” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Pohon Tumbang Timpa Palinggih

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini