PANCAROBA, WASPADA PUTING BELIUNG DAN HUJAN ES

0
4
PANCAROBA, WASPADA PUTING BELIUNG DAN HUJAN ES
BANJIR – Di masa pancaroba masih berpotensi terjadi hujan lebat yang berdampak terjadinya banjir. Seperti yang sempat terjadi di By-pass Ngurah Rai Jimbaran belum lama ini.

Kuta, DENPOST.id

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, menyatakan, saat ini masih dalam periode peralihan sehingga tetap perlu waspada terhadap cuaca ekstrem. “Masih perlu diwaspadai terutama di musim pancaroba biasanya terjadi hujan lebat disertai petir, angin puting beliung bahkan ada juga hujan es,” kata Fachri dalam rilis BMKG, Kamis (25/3/2021).

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengatakan, kondisi cuaca pada sepekan ke depan (26 Maret -1 April) masih didominasi hujan ringan di sebagian besar Sumatera bagian utara, tengah, salatan dan timur, sebagian Jawa, Bali dan Nusa Tenggara,  Kalimantan, Sulawesi bagian utara, selatan dan tenggara, Maluku bagian utara dan tengah, dan sebagian besar Papua. Selain itu, masih ada beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Bali, NTB, NTT, Maluku Utara , Maluku, Papua dan Papua Barat.

Baca juga :  Musrenbang RKPD Kecamatan Tahun 2022, Fokus Kesehatan dan EKonomi

Begitu pula dengan cuaca maritim. Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo, mengatakan, masih perlu diwaspadai terutama saat masih terjadi pemanasan di wilayah Indonesia terkait pergerakan semu matahari. “Biasanya dapat menurunkan tekanan udara, sehingga menyebabkan angin sangat kencang dan berpotensi gelombang tinggi utamanya di masa peralihan dan musim kemarau,” paparnya.

Potensi pertumbuhan awan Cumulonimbus (CB) juga masih perlu diwaspadai di masa pancaroba ini. Begitu pula ketika memasuki musim kemarau perlu diwaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan. Terutama untuk wilayah Riau, Kalimantan dan Papua karena akan berdampak pada penerbangan akibat kabut asap.  (113)

Baca juga :  Direktur PDAM Bangli Dinyatakan Positif Covid-19

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini