Sering Meluap, Sejumlah Sungai akan Dinormalisasi

0
6
Sering Meluap, Sejumlah Sungai akan Dinormalisasi
MELUAP - Sering meluap, PUPR Karangasem akan normalisasi beberapa sungai di Kubu dan Abang.

Amlapura, DENPOST.id

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  Karangasem akan melakukan normalisasi di sejumlah sungai yang mengalami pendangkalan. Normalisasi menyasar sungai yang berada di areal vital yakni di Kecamatan Abang dan Kubu.

Kabid Sumber Daya Air PUPR  Karangasem, Made Wiguna, mengungkapkan, sungai yang dinormalisasi di Kecamatan Kubu ada Tukad Batu Niti, Belong, Hulu Bendung Kaleran, Dalem Hulu Desa, Sayong dan Tukad Wates. Sementara sungai di Kecamatan Abang ada Tukad Sehe yang berada di Desa Purwakerthi.

Baca juga :  Tensi Tinggi, Vaksinasi Sejumlah Pejabat di Karangasem Ditunda

Untuk menormalisasi sungai tersebut, Wiguna mengungkapkan menganggarkan dana total  Rp 1. 250.000.000  juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Karangasem Tahun 2021. Di mana tiap sungai dianggarakan Rp 100 hingga Rp 200 juta. “Semua tergantung panjang dan lebar sungai. Hingga kini masih proses persiapan. Semoga tak kena rasionalisasi anggaran,” harapnya.

Lebih lanjut Wiguna menuturkan, dalam normalisasi, sungai akan kembali di dalamkan dan dilebarkan. Hal ini dilakukan mengingat seluruh sungai tersebut berada di areal pemukiman dan pura. “Sungai sering meluap ke pemukiman. Sering mengenai rumah warga sekitar karena ada pendangkalan sungai,” paparnya. Ia berharap perencanaan dapat berjalan sehingga sungai yang  sering dikeluhkan meluap saat musim hujan dapat teratasi. (yun)

Baca juga :  Senderan Jebol Timpa SMP 6 Amlapura

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini