Penduduk Badung Capai 507 Ribu Lebih, Dewan Koordinasi Penambahan Kursi

0
12
Penduduk Badung Capai 507 Ribu Lebih, Dewan Koordinasi Penambahan Kursi
Wakil Ketua DPRD Badung, Wayan Suyasa

Mangupura, DENPOST.id

Jumlah penduduk Kabupaten Badung yang mencapai  507.418 jiwa pada tahun 2020, berpotensi menambah jumlah kursi DPRD pada Pemilu Legislatif (Pileg) yang rencananya dilaksanakan tahun 2024. Untuk menyakinkan hal tersebut, DPRD Badung konsultasi dengan Pihak KPU Badung.

Wakil Ketua DPRD Badung, Wayan Suyasa, yang ditemui Jumat (26/3/2021) mengatakan, dalam koordinasi tersebut dirinya membahas mengenai potensi kursi di DPRD badung bertambah lima kursi sesuai dengan agregat jumlah penduduk Kabupaten Badung. “Dari aturan yang saya ketahui, jumlah penduduk yang sampai 500 ribu lebih bisa diwakili atau wakil rakyat sebanyak 45 orang. Dan, di Badung sudah melebihi 500 ribu jumlah penduduk yang ada sehingga kita bersama-sama dengan KPU membuat agenda dan disampaikan di pemerintah serta disidangkan dalam rapat paripurna DPRD Badung bahwa kursi DPRD di Badung wajib bertambah karena jumlah penduduk kita bertambah,” katanya.

Baca juga :  Di Tengah Pandemi Corona, Sejumlah Hotel Dijual

Dia berharap, jumlah penduduk di setiap kecamatan  harus terbuka agar diketahui di kecamatan manakah yang akan bertambah kursi tersebut. “Hal ini agar tidak menimbulkan keributan ke depannya. Karenanya harus betul betul diberikan penjelasan sesuai realita agar nanti tidak menjadi masalah baru dalam penambahan kursi DPRD di Badung,” terangnya.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua Komisi I DPRD Badung, I Made Ponda Wirawan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, penentuan kursi di DPRD berdasarkan perhitungan jumlah penduduk.

Baca juga :  Hantam Kontainer, Kaki Mahasiswa Putus

Melihat peluang penambahan kursi ini, politisi PDI Perjuangan ini meminta pimpinan dewan agar segera melakukan rapat kerja dengan KPU Badung. Pasalnya, proses pemetaan atau penambahan jumlah kursi membutuhkan waktu yang cukup lama.  (115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini