Antisipasi Pencurian Pretima, Pura Se-Jembrana Akan Dipasang CCTV

0
9
picsart 03 28 05.09.03
BENDESA ADAT - Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, saat pengukuhan prajuru desa adat.

Negara, DENPOST.id

Kasus pencurian dan kejahatan lainnya di masa pandemi ini, mengalami peningkatan.
Seoerti halnya pura yang kini menjadi tempat rawan akan pencurian.

Pencurian pratima kerap terjadi di pura. Karena itu, perlu diantisipasi sedini mungkin. Karena kasus pencurian di pura selain menimbulkan kerugian materiil juga dampak dari masuknya pencuri terhadap kesucian pura. “Jangan lupa keamanan pura dijaga dengan baik, banyak kasus pratima dicuri bila perlu nanti tiap pura desa kita isi CCTV, ” ujar Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, saat menghadiri pengukuhan sejumlah prajuru desa adat di Jembrana, Minggu (28/3/2021).

Baca juga :  Zona Merah, Pembelajaran Tatap Muka di Jembrana Ditunda

Sebanyak tujuh desa adat di Kabupaten Jembrana melaksanakan pengukuhan prajuru desa adat pada purnama sasih kedasa. Di antaranya, Desa Adat Banyubiru (Negara), Juwuk Manis (Pekutatan), Desa Adat Kedisan (Mendoyo), Desa Adat  Sumbul (Yehembang Kangin), Desa Adat Yeh Buah, Desa Adat Giri Utama Desa Penyaringan dan Desa Adat Pengeragoan.

Khusus kepada prajuru desa, Bupati Tamba mengingatkan untuk memberi perhatian pada keamanan dan kebersihan pura. “Selalu jaga kebersihan pura, jangan hanya dibersihkan saat mau upacara saja. Tempat ibadah harus selalu bersih,” jelasnya.

Baca juga :  Ketua Yayasan Bantah SMP Nasional Negara Tutup

Sementara Ketua Majelis Desa Adat Kabupaten Jembrana, Nengah Subagia berharap agar prajuru selalu bersinergi dengan program desa dinas dan menjaga komunikasi yang baik antarprajuru. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini