POSITIF PASCAVAKSIN, INI SEBABNYA

0
15
POSITIF PASCAVAKSIN, INI SEBABNYA
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, Gusti Bagus Putra Pertama

Amlapura, DENPOST.id

Beberapa penerima vaksin Covid-19 di Kabupaten Karangasem dinyatakan positif Covid-19. Meski telah divaksin selama dua kali, risiko terpapar masih bisa terjadi. Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, Gusti Bagus Putra Pertama, angkat bicara.

Diwawancara pada Senin ( 29/3/2021), Putra Pertama menjelaskan, ada 3 hal yang mempengaruhi virus ini. Di antaranya diri sendiri, virus dan lingkungan. “Dari diri sendiri, bagaimana daya tahan tubuhnya,  kondisi tubuh termasuk antibodi usai dari vaksin Covid-19 itu,” ungkapnya.

Baca juga :  Gempa saat Sasih Kasa, Ketua PHDI Sebut Ini Artinya

Kedua adalah virus. “Bagaimana kekuatan virus tersebut. Jika ia lebih kuat dari antibodi vaksin tentu risiko terpapar akan terjadi. Misalnya, jika antibodi 800 namun virus masuk 1.000 maka akan tetap terinfeksi. Namun tentu gejalanya lebih rendah. Jika tak vaksinasi gejala kita rasakan 1.000, namun karena vaksin gejala hanya 200 kita rasakan. Itu analoginya,” papar Putra Pertama.

Selanjutnya adalah lingkungan. Ia mengungkapkan, faktor kesehatan lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan. Apakah lingkungan tinggal sudah dalam kondisi bersih dan sehat atau sebaliknya yang justru berdampak pada kondisi tubuh. “Jadi sudah ditekankan vaksinasi adalah salah satu upaya memutus rantai penyebaran. Bukan berarti setelah divaksin kebal. Karenanya prokes harus tetap dilaksanakan,” sarannya.

Baca juga :  Negatif Covid-19, Pasutri WNA Dipulangkan

Putra Pertama menambahkan, kekebalan dalam tubuh usai vaksinasi akan terbentuk paling cepat 28 hari sampai 2 bulan. Sedangkan salah satu ASN yang terpapar usai vaksinasi hanya  selang 5 hari. “Itu kenapa vaksinasi harus dua kali dan selang 14 hari. Karena tubuh butuh waktu. Bahkan dalam jangka waktu setahun vaksinasi akan baik jika diulang kembali,” pungkasnya. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini