Suka Duka Petugas di Gilimanuk, Lelah Kerap Tercoreng Akibat Ulah Oknum

0
9
picsart 03 30 03.32.50
PEMERIKSAAN - Petugas kepolisian di pos II Gilimanuk yang harus rela kepanasan dan kehujanan saat melakukan pemeriksaan karena kondisinya kurang representatif.

Negara, DENPOST.id

Pelabuhan Gilimanuk merupakan salah satu pelabuhan yang rawan penyusupan ke Bali.
Cukup sering petugas menggagalkan aksi penyelundupan ke Bali, demikian juga pendatang ilegal yang bersembunyi di bak truk dengan berbagai modus lainnya.

Untuk menjaga Bali dari teroris dan kejahatan lainnya, tentu tugas aparat kepolisian dan lainnya di Gilimanuk cukup berat. Apalagi harus siaga 24 jam meski sesuai dengan shif/jadwal masing-masing petugas.
Namun lelah dari anggota ini kerap tercoreng karena ulah-ulah oknum yang memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Baca juga :  New Normal, Ini Harapan Pengusaha Warung Wisata

Kerap terdengar informasi pelanggaran yang dilakukan pendatang atau pelaku perjalanan bisa diganti dengan uang, sehingga ada transaksi menyuap dan pungli. Kondisi ini kerap membuat gerah dari pimpinan institusi yang bertugas di Gilimanuk.

Selain itu, kondisi tempat pemeriksaan di Pos II Gilimanuk juga kurang representatif dan tidak nyaman. Tak jarang anggota kepolisian harus kehujanan dan kepanasan dalam melaksanakan tugasnya.

Kapolsek Gilimanuk, Kompol  Gusti Nyoman Sudarsana, Selasa (30/3/2021) mengatakan, bertugas di Gilimanuk memang harus lebih awas. Karena harus mengantisipasi berbagai kejahatan sejak awal. Dikatakannya, anggota hanya bisa memaksimalkan tenaga dan penglihatan dalam melakukan pengawasan dan pemeriksaan. Karena sarana dan prasarana pemeriksaan juga kurang.

Baca juga :  Industri Pariwisata di Jembrana Siap Hadapi New Normal

“Meski dengan berbagai keterbatasan kami berupaya maksimal dalam melakukan pemeriksaan barang, orang dan kendaraan,” jelasnya.

Demikian juga personel yang terbatas juga dimaksimalkan. Pihaknya juga mendukung kesehatan anggota. “Kami suport moril dan suport vitamin dari kesehatan anggotaPolres secara kontinyu. Sedangkan untuk menjaga kebugaran, pada saat apel serah terima jaga dilakukan olah raga peregangan dan penguatan fisik,” jelasnya.

Para anggota juga berharap ke depannya Pelabuhan Gilimanuk lebih ditata lagi khususnya tempat pemeriksaannya. Selain dibuatkan tempat yang lebih layak juga dilengkapi sarana dan prasarana lebih baik. Demikian juga dalam melaksanakan tugas, kata Kapolsek Sudarsana, pihaknya dalam setiap apel pagi, apel serah terima jaga dan via grup polsek selalu menekankan untuk tidak lakukan hal-hal tidak benar di luar SOP yang telah ditetapkan.

Baca juga :  TAJEN SEPI, PENGASAH TAJI NGANGGUR

“Pengawasan dan kontrol juga dilakukan,” jelasnya.

Pascapeledakan bom Makassar dan perpanjangan penerapan PPKM, katanya, pihaknya lebih memaksimalkan lagi apa yang sudah dilakukan. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini