Kasus Pencurian Pretima Belum Terungkap, Polres Gianyar Bentuk Timsus

0
4
picsart 03 30 06.07.23
MALING PRETIMA - Pretima Pura Desa, Desa Adat Tegallantang, Ubud, Gianyar yang disatroni maling, benerapa waktu lalu.

Gianyar, DENPOST.id

Hingga saat ini, kasus pencurian sejumlah pretima di wilayah hukum Polres Gianyar belum terungkap. Hal ini akibat dari minimnya saksi.

Kini, polisi masih berusaha mengungkap pelaku pencurian pretima yang kini mencapai enam Tempat Kejadian Perkara (TKP) ini, Polres Gianyar akan membentuk tim khusus gabungan bersama Polda Bali.

Kapolres Gianyar, AKBP Dewa Made Adnyana dihubungi, Selasa (30/3/2021) mengakui pihaknya mengalami kesulitan pengungkapan kasus pencurian pretima di wilayah hukum Polres Gianyar. Karena yang diincar itu, emasnya dan benda pretima yang terbuat dari kayu ada yang dibuang.

Baca juga :  Dua ODP Masuk Ruang Isolasi Usai Rapid Test

Menurut Kapolres Gianyar, pihaknya mengalami kesulitan saksi yang melihat kejadian tersebut, serta minimnya petunjuk rekaman CCTV. Kendati demikian, jajaran Polres Gianyar bersama jajaran Polda Bali terus berkoordinasi untuk memburu pelaku.

Untuk mengantisipasi kasus serupa, Kapolres Gianyar lebih menggencarkan patroli wilayah terutama menyasar pura-pura yang menyimpan pretima dan jauh dari pemukiman penduduk. Pihaknya melalui polisi yang bertugas di desa (Bhabinkantibmas) terus berkoordinasi dengan pihak prajuru desa dan pengurus pura untuk mengaktifkan kembali “pakemintan”di pura.

Baca juga :  Gubernur Koster Petakan Proyeksi Perubahan Pendapatan Daerah

“Untuk mengantisipasi kasus pencurian pretima, pengamanan pretima perlu diperketat seperti gedong penyimpanen pretima diberikan pengamanan dobel, bila ada dana pretima bisa disimpan dalam brankas. Selain itu, pura yang lepas dari pantauan masyarakat diharapkan dipasangi CCTV, sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa dilihat di rekaman CCTV,” ujarnya. (116)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini