Tak Kejar Angka, Cakupan Vaksinasi Karangasem Baru 23 Persen

0
9
picsart 03 31 03.35.26
VAKSINASI - Tak mengejar kuantitas, upaya vaksinasi di Karangasem kedepankan kualitas.

Amlapura, DENPOST.id

Upaya vaksinasi Covid-19 hingga tercapai herb immunity terus dilakukan di Kabupaten Karangasem. Hingga kini, dalam vaksinasi tahap pertama sebanyak 23 persen masyarakat telah mendapat vaksinasi. Meski terbilang kecil, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karangasem tak mengejar target. Namun lebih memprioritaskan tiap penerima vaksin tuntas divaksin selama dua kali.

Hal tersebut diungkapkan Kadiskes Kabupaten Karangasem, Gusti Bagus Putra Pertama. Diwawancara belum lama ini, dia menyatakan pelan tapi pasti, tak mengejar kuantitas melainkan memprioritaskan kualitas. “Kami melakukan perhitungan yang matang dalam vaksinasi tahap pertama. Kami tak mengejar angka. Namun kami ingin memastikan agar kuota vaksin tahap pertama memungkinkan menerima vaksin tahap kedua,” ungkapnya.

Baca juga :  ASN dan Pejabat Karangasem Terpapar Covid-19

Ia menuturkan, Kabupaten lain ada yang mencapai lebih dari 80 persen pada vaksinasi pertama, namun vaksinasi kedua justru hanya dalam kisaran 2 persen. “Vaksinasi kedua harus diberikan selang 14 hari dari vaksinasi pertama. Jika vaksinasi pertama mengejar angka, takutnya di kloter kedua alokasi vaksin tak sama mengingat terbatas. Makanya kasihan vaksin tak bekerja maksimal, ” imbuh Pertama.

Hingga kini, secara rinci dari 23 persen warga yang telah divaksin terdiri dari 1,3 persen lansia atau 541 orang dari 40.460 sasaran. Petugas publik 45,4 persen atau 14.433 orang dari 31.793 sasaran. Terakhir ada SDMK 112, 1 persen atau 2.450 orang dari 2.185 sasaran.

Baca juga :  Cuaca buruk, Harga Bahan Pokok Naik

Meski vaksinasi gencar dilakukan, Pertama berpesan agar warga tetap taat prokes. Sebab, usai divaksin seseorang tak langsung kebal Covid-19. Vaksin ini dikatakan Pertama merupakan salah satu antibodi yang melindungi diri. “Jika antibodi lebih lemah dari virus yang masuk tentu akan masih terpapar, ” pungkasnya. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini