Dewan Buleleng Dorong Alternatif Pangan Non Beras

0
4
picsart 03 31 06.26.06
Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna.

Singaraja, DENPOST.id

Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna, mendorong alternatif pangan non beras untuk menjaga kedaulatan pangan menuju ketahanan pangan nasional.

Hal itu, diungkapkan dalam mengikuti rapat Musrenbang Kabupaten Buleleng tahun 2021, secara daring di ruang gabungan Komisi DPRD Buleleng, Rabu (31/3/2021).

Menurut dia, salah satu pokok-pokok pemikiran bidang pangan, sandang dan papan menyangkut dalam pertanian adalah mendorong pengembangan tanaman pangan alternatif penganti beras untuk menjaga kedaulatan pangan menuju ketahan pangan nasional dan juga pengelolaan pertanian yang dikelola secara horistik dari hulu hinga hilir berbasis potensi pasar.

Baca juga :  Agar Bantuan TJSLP Tepat Sasaran, Buleleng Bentuk Ini

Supriatna yang didampingi pimpinan dan angota DPRD Buleleng dalam persentasinya mengatakan sektor pertanian agar diperhatikan lagi terutama pangan non beras sebagai penguatan ekonomi dalam skala mandiri.

“Pengelolaan sisi pertanian perkotaan dengan memanfaatkan lahan rumah sebagai alternatif dalam bertani. Seperti halnya di masa pandemi ini penting juga menerapkan model-model pertanian alternatif-alternatif yang lain, misalnya hidroponik ataupun urbanfarming ini bisa kita dorong di masa pandemi, paling tidak untuk bisa menjaga ketahanan pangan di sekup keluarga,” ucapnya.

Baca juga :  Gotong Royong untuk Pemulihan Ekonomi Buleleng

“Kalau bicara lahan pertanian kan tidak hanya sawah yang ditanami padi, tapi terlebih bagaimana agar di daerah-daerah seperti Tejakula dan Gerokgak yang notabene kering dan sangat kecil kemungkinannya untuk menanam padi, lahan pertanian itu bisa tetap produktif. Ya salah satunya dengan mengoptimalkan bahan pangan non beras ini,” tandasnya. (118)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini