Bandara Berlakukan GeNose C-19 Minggu Kedua April

0
7
picsart 04 01 11.07.21
GENOSE - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan dilengkapi tes GeNose C-19 mulai minggu kedua Apil ini.

Kuta, DENPOST.id

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, saat ini sedang melakukan persiapan-persiapan seperti pengadaan mesin GeNose C-19, ketersediaan plastik tiup dan lokasi pelayanan GeNose C-19. Direncanakan pada minggu kedua bulan April 2021 ini akan dilaksanakan uji coba GeNose C-19 dan sekaligus dimulainya pelayanan GeNose C-19 secara resmi, berkisar pada tanggal 7-8 April 2021. Hal itu diungkapkan Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistirar, Kamis (1/4/2021).

Taufan juga menegaskan, pelayanan GeNose C-19 tidak menggantikan pelayanan Rapid Test Antigen yang sudah ada. “Jadi Bandara Ngurah Rai ke depannya akan memiliki 3 pelayanan deteksi Covid-19 yaitu 2 pelayanan Rapid Test Antigen dan 1 pelayanan GeNose C-19,” jelasnya.

Baca juga :  Sebelum Tewas di Toilet, Bule Australia Dua Kali Jalani Injeksi Obat

Terkait jumlah mesin GeNose C-19 yang disediakan oleh Angkasa Pura I sebanyak 120 unit, ditempatkan di bandara-bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I. Sedangkan untuk Bandara Ngurah Rai Bali direncanakan mendapatkan 8-14 mesin GeNose C-19.
“Untuk kantung tiup yang disediakan, direncanakan sebanyak 500-600 kantung setiap harinya, saat uji coba akan disiapkan 150 kantung,” imbuh Taufan.

Pelayanan GeNose C-19 ini, sambung dia, diberikan kepada calon penumpang pesawat udara yang akan meninggalkan Pulau Bali melalui Bandara Ngurah Rai yang telah memiliki tiket. Hal ini menjadi persyaratan pendaftaran pelayanan GeNose C-19.

Baca juga :  Jaya Negara Hormati Pilihan Rakyat, Ambara Putra Pilih Berserah

Pelayanan GeNose C-19 di Bandara Ngurah Rai, Angkasa Pura I bekerja sama dengan anak perusahaan Angkasa Pura I dan Farmalab.
Sedangkan untuk harga pelayanan GeNose C-19 di bandara saat ini masih dalam pembahasan oleh Angkasa Pura I dan Mitra Kerja. “Untuk harganya masih dibahas. Kisaran harganya antara Rp 40 sampai Rp 60 ribu,” bebernya.

Penerapana GeNose ini sesuai dengan SE Satgas Nasional Penanganan Covid-19 nomor 12 Tahun 2021 dan SE Kementerian Perhubungan nomor 26 Tahun 2021 terkait dengan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri dan khususnya pelayanan GeNose C-19.
Dimana bagi PPDN yang akan melakukan perjalanan ke Pulau Bali menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara IGNR Bali wajib menunjukkan hasil negatif atas pemeriksaan Tes PCR atau hasil negatif Rapid Test Antigen dengan masa berlaku 2X24 jam, sebelum keberangkatan atau hasil negatif GeNose C-19 sebelum keberangkatan. (113)

Baca juga :  Temu Wirasa di Kedonganan, Giri Prasta dan Suiasa Komitmen Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini