Dipicu Tiga Dinamika Atmosfir, Bali Potensi Terjadi Hujan Lebat

0
4
picsart 04 04 10.45.50
GELOMBANG TINGGI - Peringatan gelombang tinggi di wilayah Bali-NTB.

Kuta, DENPOST.id

Bali masih berpotensi terjadi cuaca ekstrem berupa hujan sangat lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi masih dalam periode sepekan ke depan.

Pihak BMKG memprediksi kondisi ini dipengaruhi tiga dinamika atmosfir yang masih berlangsung. Di antaranya La Nina, Madden-Julian Oscillation (MJO) dan 2 bibit Siklon Tropis.

Selain Bali, sebagian wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan juga berpotensi dilanda hujan sangat lebat, yakni Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Untuk hujan sedang hingga lebat daerah yang berpotensi terjadi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Baca juga :  13 Mahasiswa Terjebak Air Pasang di Pantai Suluban

“Untuk potensi angin kencang diprediksi terjadi di wilayah Lampung, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Selatan,” papar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam rilis BMKG, Sabtu (3/4/2021).

Guswanto memaparkan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfir laut menunjukkan La Nina masih berlangsung paling tidak hingga Mei 2021, dengan kecenderungan menuju netral. Sedangkan fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia, bersamaan dengan fenomena gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang dapat berkontribusi pada peningkatan awan hujan. (113)

Baca juga :  Kabalitbang Kemendagri Kunjungi Balitbang Badung

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini