Paskah di Gereja Katedral Bali Dijaga Luar Dalam

0
8
picsart 04 04 04.37.58
PASKAH - Suasana Misa Paskah di Gereja Katedral Bali, Minggu (4/4/2021).

Panjer, DENPOST.id

Gelaran Misa Paskah, Minggu (4/4/2021) di Gereja Katedral Balin dijagat ketat personel TNI, Polri dan kelompok pengamanan internal gereja. Setiap jemaat yang akan beribadah menjalani pemeriksaan.

Mulai dari pemeriksaan barang bawan seperti korek api, pemeriksaan suhu dan juga menyuci tangan. Di beberapa titik di luar gereja puluhan personel Brimob nampak berjaga dengan senjata lengkap.
Sedangkan di dalam gereja, aparat berpakaian preman dan petugas keamanan gereja juga berada di antara jemaat.

Baca juga :  Penangkaran Penyu Disinfektan, Wisman Wajib Cuci Tangan

Ketua Satgas Paroki Kudus Katedral, Vitalis Alexander menerangkan setiap pagi sejak empat hari sebelum Misa Paskah, kepolisan melakukan sterilisasi di dalam dan luar gereja.

“Polisi juga membawa anjing pelacak dan juga tim Gegana. Kami juga mengerahkan 20 personel internal dari gereja untuk membantu keamanan di titik tertentu,” ujarnya.

Dia menerangkan kali ini adalah Misa Paskah pertama yang digelar langsung di tengah pandemi Covid-19. Sebab pada tahun 2020 lalu, Misa Paskah hanya digelar dalam jaringan.
Terkait penerapan protokol kesehatan, Alex mengatakan pihaknya berupaya menjaga kedisiplinan jemaat. Selain menjaga kebersihan diri dengan mewajibkan jemaat menyuci tangan, jumlah jemaat juga disesuaikan 50 persen dari kapasitas ruangan gereja.

Baca juga :  Kamis, Denpasar Tambah 36 Kasus Positif Covid-19

Dia memprediksi jumlah jemaat yang datang sebanyak 1.200 jiwa, dari kapasitas maksimal 2.500 jemaat. Sementara jemaat yang lain, dapat mengikuti Misa Paskah melalui siaran langsung yang disiarkan di platform digital.

Lebih lanjut, Alex menjelaskan bahwa pengamanan yang ketat ini tidak lepas dari peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Makassar. Melalui upaya ini, dia berharap jemaat dapat menjalankan ibadah secara nyaman dan khidmat. (106)

Baca juga :  Cegah Sumber Risiko Baru, Tonja Minta PMI Tak Pulang Dulu

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini