Enam Warga Tak Bayar Denda, KTP Ditahan

0
3
picsart 04 05 06.46.11
TANPA MASKER – Salah seorang warga, saat didenda tanpa masker saat terjaring razia prokes dan PPKM mikro di Jl. Trengguli, Penatih, Senin (5/4/2021).

Penatih, DENPOST.id

Mengawali Minggu pertama April, tim yustisi kembali mengelar razia protokol kesehatan dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di Jl. Trengguli, Penatih, Denpasar Timur, Senin (5/4/2021).

Kasatpol PP Kota Denpasar I Dewa Gede Anom Sayoga mengungkapkan razia gabungan melibatkan Dishub, TNI dan Polri ini menjaring 23 pelanggar, yakni 12 orang tanpa memakai masker didenda dan diberi hukuman fisik push up. Dari 12 warga didenda ini, enam orang di antaranya tidak membayar denda dengan alasan tidak membawa uang.

Baca juga :  Pedagang Musiman Sering Ditertibkan dan Berjualan Lagi, Satpol PP Denpasar Bilang Ini

Namun denda administrasi berupa denda masing-masing Rp100 ribu tetap dikenakan kepada enam orang yang belum melunasi kewajiban guna memberikan efek jera.

Sementara 11 warga yang tidak sempurna memakai masker hanya diberi sanksi teguran. Menurut Anom Sayoga, keenam warga yang belum membayar denda maka kartu tanda penduduk (KTP) dipinjam dijadikan barang ikatan bukti pelanggaran prokes. Kalau keenam orang ini sudah membayar denda di Bank BPD, bukti pembayaran ditunjukkan ke Kantor Satpol PP, baru dikeluarkan KTP. “Kalau belum membayar denda, kita tahan dulu. Kita tidak pilih kasih dalam penegakan aturan saat PPKM mikro berlangsung. Bila ada warga yang tidak taat dan disiplin siap merima sanksi berupa denda maupun sanksi teguran,’’ ujarnya. (103)

Baca juga :  Ranperda Kesehatan Provinsi Bali Rampung, Ini Poinnya

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini