TMMD ke -110 di Jembrana, dari Bangun Jalan hingga Sumbang Kambing

0
3

Jembrana, DENPOST.id

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 di Jembrana bernuansa berbeda. Kegiatan itu tak saja membangun jalan rabat beton sepanjang 1372 meter untuk akses kendaraan roda empat, namun juga membangun kemanunggalan TNI bersama warga setempat. Poin kedua itu ditandai penyerahan delapan kambing kepada dua keluarga warga Desa Batuagung, tempat TMMD berlangsung.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.Sos., pada Selasa (30/03/2021) menyebut bantuan kambing diberikan secara cuma-cuma untuk diternakkan, sehingga diharapkan dapat menunjang perekonomian warga tersebut.

Baca juga :  Lagi, Bangkai Penyu Terdampar di Perancak

Setelah kambing itu berkembang biak, bibit yang lahir juga akan disalurkan sambung menyambung kepada warga kurang mampu lainnya. Impian besar Dandim adalah Desa Batuagung selain sebagai sentra pertanian dan perkebunan juga akan menjadi sentra peternakan kambing. Tentunya dengan pelaksanaan pendampingan dari Kodim 1617/Jembrana bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Jembrana.

“Kita sebut upaya ini sebagai sisi lain TMMD tanpa menggunakan anggaran yang telah dilokasikan, tapi kami Kodim Jembrana menyebutnya dengan sumbangsih TNI bagi masyarakat”, tutur Dandim.

Baca juga :  Gara-gara Ini, Truk Box Sarat Muatan Terguling di Pekutatan

Nantinya setiap kepala keluarga akan menerima empat ekor kambing, yakni 3 ekor betina dan 1 ekor jantan. Guna mencapai tujuan tersebut, Dandim juga memberi sarana kandang permanen.

“Warga yang menerima bantuan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membuat kandang kambing, cukup merawat dan memelihara serta mengembangkanbiakkan ternak tersebut,” jelas Dandim.

I Kayan Sudiarta (64), salah seorang warga yang menerima bantuan kambing tak kuasa menahan bahagia. Dia menilai perhatian TNI sungguh luar biasa. Bantuan ini menurutnya ibarat kail untuk memancing.

Baca juga :  Terlibat Curat, Empat Tersangka Ditahan di Rutan

Dia mengaku akan memelihara bibit kambing itu dengan baik. Sehingga nantinya bisa dimanfaatkan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya di tengah pandemi.

“Terima kasih kepada Kodim 1617/Jembrana atas sumbangsih kambing kepada kami, bantuan ini sangat bermanfaat untuk kami sekeluarga,” ujar Kayan. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini