Sanggar Keratuan Manggis Puri Gianyar Hidupkan Ini

0
2
picsart 04 06 05.54.42
LATIHAN TARI - Anak-anak sanggar Keratuan Manggis, saat melakukan latihan menari di halaman belakang Puri Agung Gianyar.

Gianyar, DENPOST.id

Kabupaten Gianyar terkenal dengan seni dan budaya. Guna melestarikan seni dan budaya, sejumlah seniman di Gianyar berkumpul membentuk sanggar kesenian sebagai langkah pelestariaan seni dan budaya. Sanggar kesenian tersebut, dinamakan Sanggar Laras Keratuan Manggis di Puri Agung Gianyar.

Seniman-seniman asal Kecamatan Gianyar, seniman  asal Sukawati dan seniman asal Blahbatuh menghimpun diri untuk membentuk Sanggar  Seni Laras Keratuan Manggis untuk melestarikan seni dan budaya yang pernah ada dan menghidupkan kembali seni dan budaya tersebut.

Baca juga :  Maling Sikat Enam Karung Gabah di Penggilingan Padi

”Dulu jaman Kerajaan Puri Gianyar sebagai ikon seni dan budaya, namun perkembangan zaman sempat redup. Berkat dorongan para seniman Gianyar, kini ikon seni dan budaya dihidupkan kembali,” kata Anak Agung Gede Abi Dama, salah satu generasi muda puri yang mengkordinatori Sanggar Seni Laras Keratuan Manggis, Selasa (6/4/2021).

Gung Abi Dama mengatakan dalam sangar tersebut, ada pembelajaran kesenian, seperti seni tari, kerawitan, belajar kendang dan kontenporer.
Mereka yang belajar, yakni anak-anak SD dan SMP asal Jro Kuta (Samplangan, Abianbase, Beng, Bitera dan Tegal). Mereka dilatih 15 orang pelatih dari berbagai seniman. Para pelatih ada dari akademisi dan juga pelatih karena memang otodidak. Anak-anak yang belajar menari dan menabuh di Sanggar Laras Keratuan Manggis tidak dipungut biaya alias gratis. (116)

Baca juga :  Sehari, Dua Warung Terbakar di Gianyar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini