Rutan Bangli Digeledah, Ditemukan Uang Tunai dan Batu

0
0
picsart 04 06 07.33.21
GELEDAH SEL - Petugas saat menggeledah sel dan tahanan di Rutan dan Lapastik Bangli.

Bangli, DENPOST.id

Secara serentak, penyisiran di lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan digelar Selasa (6/4/2021). Hal ini juga dilakukan di Bangli.

Penyisiran diawali di Lapastik Narkotika kemudian beralih ke Rutan Kelas IIB Bangli. Hasilnya, tak ditemukan barang terlarang maupun berbahaya lainnya, seperti narkoba, miras ataupun sajam dari kedua tempat tersebut. Hanya ditemukan uang tunai dan batu sebesar dua kepalan tangan di dalam blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) laki-laki di Rutan Bangli.

Dari hasi pantauan petugas gabungan melakukan pemeriksaan di tiap sel di empat blok tahanan. Sebelum pengeledahan, warga binaan dikeluarkan untuk dilakukan pemeriksaan dan saat bersamaan petugas lainnya melakukan penggeledahan barang dan isi sel .

Baca juga :  Bebas Bersyarat, Bebek Malah Kembali Edarkan Narkoba

Wakapolres Bangli, Kompol I Gede Wali mengungkapkan sebanyak 36 personel Polres Bangli dilibatkan dalam sidak ini. “Kami fokus menyasar narkoba, namun dari hasil pemeriksaan tidak diketemukan. Kami hanya menemukan barang-barang berupa satu batu, korek api, pisau cukur, cutter dan uang tunai sebesar Rp11 ribu,” jelas Gede Wali.
Menurut Wali, barang-barang tersebut memiliki potesi melukai, oleh karenan itu tetap dilakukan penyitaan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga :  Super Praktis BPJS, Peserta Bisa Ubah Kelas Seketika

Sementara Pelaksana Harian (Plh) Kepala Rutan Bangli, I Made Jaya Sentana mengatakan sidak ini bertujuan untuk melaksanakan diteksi dini gangguan keamanan di dalam rutan sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) tertanggal 1 April 2021.

“Dari lima blok yang ada, kami melakukan pemeriksaan di empat blok karena satu blok digunakan sebagai tempat isolasi. Memang ditemukan satu bongkahan batu, kami juga tidak tahu dipakai WBP untuk apa, mungkin ganjal pintu. Ini bentuk kelalaian kami dan sudah kami amankan,” jelasnya.

Baca juga :  Beringin Tumbang Timpa Empat Palinggih

Sedangkan untuk uang tunai memang disita, sebab transaksi WBP di dalam rutan seperti di kantin rutan semua menggunakan uang elektrik bekerjasama dengan salah satu bank di Bangli. “Jadi kami pakai e-money dan tidak pakai uang tunai,” sebutnya.

Sentana menambahkan Jumlah penghuni di Rutan Bangli saat ini tercatat sebanyak 144 orang termasuk dua orang balita, dengan kapasitas 116 orang.(128)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini