ARW Ajak Mahasiswa Eling Nilai Pancasila dan Wilayah Indonesia

0
4
Konsep Otomatis
SOSIALISASI EMPAT PILAR - Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) saat sosialisasi Empat Pilar MPR RI pada Selasa (6/4/2021). DenPost/ist

Tonja, DenPost.id

Penguatan pemahaman tentang Empat Pilar Kebangsaan Indonesia terus diupayakan anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW). Salah satunya dengan konsisten menghelat sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini pada Selasa (6/4/2021) di Universitas Hindu Negeri (UNH) I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar. Kegiatan itu dihadiri Rektor UHN Prof. Dr. Drs. IGN Sudiana, para dekan, dan kalangan mahasiswa. Hadir pula dua narasumber yakni akademisi Universitas Ngurah Rai (UNR), Dr.dra. I Gusti Ayu Diah Yuniti dan Ir. Ketut Witarka Yudiarka.

Dalam paparannya, ARW mengajak insan akademisi dan mahasiswa di UHN I Gusti Bagus Sugriwa agar tetap eling atau sadar akan pentingnya nilai-nilai Pancasila dan wilayah Indonesia. “Landasan ideologi kita tidak ada yang lain, hanya satu yaitu Pancasila,” tegasnya.

Baca juga :  Hakim Dituding Melanggar, Kuasa Hukum Jerinx Layangkan Keberatan ke Pengadilan

Ddalam ideologi itu, tambah ARW, termuat nilai-nilai keberagaman yang harus dijaga seiring perkembangan teknologi. Kemudahan dalam menggapai informasi hanya melalui ponsel, menurutnya, tetap harus dikontrol agar tidak mengurangi tanggung jawab menjaga hubungan dan komunikasi antarsesama.

Dr. dra. I Gusti Ayu Diah Yuniti sepakat bahwa pemahaman tentang nilai Pancasila harus terus ditingkatkan. Hal itu merujuk aksi bom bunuh diri yang terjadi di Makassar, Sulsel, belum lama ini.  “Ada apa dengan bangsa kita? Masih ada beberapa kelemahan penghayatan dan pengamalan nilai Pancasila dan agama, serta maraknya ajaran yang keliru dan sempit,” bebernya.

Baca juga :  Ganggu Ketertiban Umum, Pengamen Diamankan

Dengan peristiwa itu, Diah Yuniti menilai bahwa tantangan terberat untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia adalah dari dalam negeri. Kondisi ini wajib diketahui insan perguruan tinggi, khususnya para mahasiswa UHN I Gusti Bagus Sugriwa.

Ir. Ketut Witarka Yudiarka menilai UHN I Gusti Bagus Sugriwa harus menjadi perguruan tinggi yang terdepan dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila. Bahkan dengan menyandang status dan nama baru ini, UHN diharap meneladani sosok I Gusti Bagus Sugriwa yang mengusulkan slogan Bhineka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrwa.

Baca juga :  Selly Mantra Harapkan Pameran “Gema Tridatu” Tingkatkan Produktivitas UKM

Rektor Prof. Sudiana berterima kasih karena kegiatan ini dilangsungkan di UNH. Selain menambah wawasan kebangsaan, program ini merupakan bagian dari penilaian mata kuliah Pancasila dan kewarganegaraan. (wir)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini