Gajah Kurus Kering, KSDA Akan Bantu Ini

0
4
picsart 04 08 06.31.57
Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Balai KSDA Bali di Gianyar, Sulistyo.

Gianyar, DENPOST.id

Objek wisata Levi Rafting yang ada di Desa Bakas, Banjarangkan, Klungkung mengoleksi sejumlah satwa termasuk gajah. Dari koleksi sejumlah gajah itu, ada satu ekor gajah di antaranya kurus kering hanya tinggal tulang saja.

Kontan saja kondisi gajah seperti ini menjadi perhatian para pemerhati/pecinta satwa. Apalagi satwa ini dilindungi dan tidak bisa hidup liar di lapangan, seperti habitat aslinya.

Baca juga :  Langgar Operasional PPKM, Tim Gabungan Gianyar Tutup Dua Usaha

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Balai KSDA Bali di Gianyar, Sulistyo, Kamis (8/4/2021) mengatakan pihaknya sudah rutin melakukan monitoring ke sejumlah objek wisata yang melakukan konservasi atau memelihara sejumlah satwa, seperti gajah di wilayah Bali timur, yakni di Gianyar dan Klungkung.

Diakui koleksi satwa gajah di objek wisata Levi Rafting di Desa Bakas, Banjarangkan, Klungkung ada satu ekor gajah yang kurus. Untuk itu, pihaknya bersama tim dari KSDA Propinsi Bali melakukan monitoring dan mengecek ke lapangan ditemukan 1 ekor gajah dalam  kondisi kurus.Terhadap kondisi ini, pihak Levi Rafting masih diberikan kesempatan untuk melakukan pemeliharaan agar satwa ini hidup normal kembali.

Baca juga :  Lagi, 16 Pelanggar Prokes di Penelokan Ditindak

”Itu kewajiban mereka untuk memelihara satwa yang menjadi koleksi mereka,” katanya.

Terhadap kondisi gajah ini, Balai Konservasi Wilayah II Balai KSDA Bali di Gianyar bekerjasama dengan Perhimpunan Kebun Binatang Indonesia, berencana akan memberikan bantuan pakan tambahan terhadap gajah kurus tersebut. ”Dari KSDA sudah rutin melakukan monitoring untuk melakukan pengecekelan ke lapangan. Pemberian pakan tetap dilakukan,” tegas Sulistyo, seraya menambahkan pihak pengelola atau pemegang ijin wajib memberikan laporan rutin kepada KSDA terhadap kondisi satwa mereka. (116)

Baca juga :  Jelang Pembukaan Pariwisata, Balitbang Badung Gelar Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini