Tiga Kasus Baru Positif Rabies Ditemukan di Bangli

0
1
picsart 04 08 06.33.27
VAKSINASI ANJING - Petugas PKP Bangli, saat melakukan vaksinasi anjing di Banjar Nyanglan Kaja, Bangbang, Tembuku, Bangli.

Bangli, DENPOST.id

Di tengah virus corona melanda, rupanya kasus rabies belum juga tuntas di Kabupaten Bangli. Buktinya di awal tahun hingga akhir Maret 2021, sudah ditemukan tiga kasus baru pada tiga ekor anjing yang positif rabies di Bangli.

Padahal berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah, namun virus anjing gila itu belum juga hilang.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli, I Wayan Sarma mengungkapkan tiga kasus baru yang ditemukan tahun ini, berada di wilayah Banjar Kayu Kapas, Desa Kintamani, kemudian di Batur Tengah dan Desa Pinggan. “Ketiganya di Kecamatan Kintamani. Memang populasi anjing di wilayah sana cukup banyak terlebih kondisi topografi wilayah yang perbukitan menjadi salah satu pengaruhnya juga,” ungkap Sarma, Kamis (8/4/2021).

Baca juga :  Hantam Bus Damri, Pengendara Motor Tewas

Sementara untuk selama tahun 2020, ditemukan 12 kasus positif rabies pada anjing di Bangli, dan telah memeriksa 71 sampel otak anjing yang dicurigai berpotensi terjangkit virus mematikan tersebut. Jumlah tersebut, termasuk 13 sampel yang positif.

“Upaya menurunkan angka kasus bahkan supaya bisa tidak ada kasus sudah terus dilakukan, seperti vaksinasi. Jika sebelumnya sistemnya jemput bola dengan langsung mendatangi ke rumah warga, namun selama pandemi Covid-19, vaksinasi kami layani di balai desa masing-masing dengan tetap berpedoman pada prokes,” jelasnya. (128)

Baca juga :  Sederhana, Perayaan Imlek di Buleleng

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini