Cegah Tumbang, Pohon Besar Dirompes

0
7
picsart 04 11 02.03.51
ROMPES POHON - DLHK Kota Denpasar, saat melakukan perompesan pohon berukuran cukup besar di ruas jalan Sugianyar Denpasar, tepatnya di sisi selatan Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar, Sabtu (10/4/2021).

Dauh Puri Kangin, DENPOST.id

Sebuah pohon berukuran cukup besar di ruas jalan Sugianyar Denpasar, tepatnya di sisi selatan Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung dirompes petugas DLHK Kota Denpasar, Sabtu (10/4/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa mengatakan perompesan ini dilakukan untuk mengantisipasi agar pohon besar ini tidak tumbang. “Pohon ini cukup besar, rimbun dan menjulang tinggi. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan terpaksa kami rompes, apalagi saat ini hujan masih sering turun,” kata Putra Wirabawa.

Baca juga :  Sinergi Bersama Aplikasi Jadi Solusi UMKM Hadapi Pandemi

Dikatakan ini sebagai upaya untuk memastikan keamanan dan keselamatan warga pengguna jalan raya, maka DLHK mengintensifkan perompesan pohon perindang jalan. Selain itu, saat ini hujan masih sering turun sehingga harus diantisipasi lebih dini karena beban pohon perindang lebih berat dari biasanya.

Selain itu, menurut dia perompesan pohon perindang selain untuk meringankan beban dan mencegah terjadinya pohon tumbang, juga sebagai upaya untuk mempercantik wajah kota, sehingga terlihat rapi.

Baca juga :  Wisman Menuju Nusa Penida Didisinfektan, Wagub Jelaskan Ini

“DLHK secara rutin melaksanakan perompesan pohon perindang di seluruh ruas jalan Kota Denpasar, besar harapan masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar, khususnya pohon perindang yang dinilai penting untuk dilakukan perompesan,” ujarnya.

IB Putra Wirabawa mengatakan secara berkelanjutan pihaknya terus melaksanaman pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang di Kota Denpasar, sehingga apakah diperlukan penanaman ulang atau cukup dengan perompesan saja.

Baca juga :  Sembuh Covid-19 di Denpasar Bertambah 77 Orang dan Dua Pasien Meninggal

“Selain menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait pohon perindang, juga dilaksanakan pemetaan usia dan kondisi pohon untuk dilaksanakan perompesan rutin,” jelasnya. (112)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini