Kenaikan Tarif Parkir 100 Persen di Bandara, Manajemen AP 1 Katakan Ini

0
13
picsart 04 11 06.59.26
GEDUNG PARKIR - Gedung parkir baru yang dibangun di kawasan parkir sepeda motor Bandara Ngurah Rai.

Kuta, DENPOST.id

Sempat ditunda dua kali, tarif parkir di Bandara Ngurah Rai akhirnya mengalami kenaikan atau penyesuaian. Tarif parkir kendaraan bermotor ini naik pada, 1 April 2021.

Tidak tangung-tanggung naiknya sebesar 100 persen. Rencana penyesuaian tarif parkir tersebut, sebelumnya sempat menuai polemik, karena dianggap dilakukan pada momen yang tidak tepat (dalam kondisi pandemi Covid-19). Selain itu, besaran kenaikan yang dianggap terlalu tinggi di tengah lesunya perekonomian masyarakat, yakni mencapai 100 persen juga sempat menjadi sorotan.

Di sisi lain, pihak bandara mengatakan kenaikan ini seiring dengan adanya penambahan fasilitas pendukung yang telah dibangun.

Dikonfirmasi akan kenaikan tarif parkir tersebut, Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, Minggu (11/4/2021) tidak menampiknya. Dia membenarkan adanya penyesuaian tarif parkir kendaraan bermotor di Bandara Ngurah Rai tersebut.

Baca juga :  Ditinggal Swafoto, Bocah Tewas di Kolam Villa

Di mana, penyesuaian tarif parkir kendaraan bermotor tersebut tertuang dalam keputusan Nomor AP.I.7388/KB.03/2020/GM.DPS-B. “Memang benar pertanggal 1 April lalu, kami telah melakukan penyesuaian tarif parkir kendaraan di Bandara Ngurah Rai,” ujar Taufan.

Adapun penyesuaian yang dimaksudkannya, yakni untuk parkir kendaraan roda dua yang tadinya hanya Rp2.000 naik menjadi Rp4.000 untuk 0 sampai 12 jam pertama. Selanjutnya pada tiap jam berikutnya dikenakan tambahan Rp2.000. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan roda empat kini dikenakan tarif Rp10 ribu per 1 jam pertama dan tiap satu jam selanjutnya akan dikenakan tarif tambahan Rp5.000. Sebelumnya, kendaraan roda empat dikenakan sebesar Rp5.000 per 12 jam pertama.

Baca juga :  140 Vial Vaksin Kembali Tiba di Bali

Sementara untuk kendaraan roda enam atau lebih saat ini dikenakan tarif parkir Rp15 ribu untuk 1 jam. Sedangkan untuk setiap satu jam selanjutnya akan dikenakan tarif Rp5.000. Semua tarif tersebut, kemudian akan kembali ke tarif awal setelah waktu 24 jam.

Taufan beralasan kalau penyesuaian tarif parkir tersebut, dilakukan karena merupakan hal yang tidak bisa dielakkan. Karena rencana tersebut sudah pernah ingin diterapkan pada April 2020, namun akhirnya terpaksa ditunda karena awal pandemi. Selanjutnya direncanakan disesuaikan di Januari 2021, namun kembali batal dilakukan karena dinamika di lapangan yang menjadi sorotan.

Baca juga :  Pulang Kampung Karena Covid-19, Dosen Muda Buat Petani Seraya Timur Untung

Taufan juga mengungkapkan penyesuaian tarif tersebut, dilakukan seiring dengan peningkatan layanan yang optimal dan peningkatan fasilitas yang ada. Di antaranya dibangunnya gedung parkir motor bertingkat yang baru, kanofi bagi pejalan kaki, serta layanan tambahan di terminal lainnya.

“Pada dasarnya masyarakat sudah tau rencana penyesuaian ini, karena itu sudah mulai diwacanakan dua kali. Awal Januari kemarin juga menjadi sekaligus sosialisasi, jadi untuk yang sekarang sosialisasi kami tidak dilakukan,” paparnya, sembari mengatakan kenaikan 100 persen tersebut, merupakan hasil kalkulasi perhitungan pihak manajemen kaitannya juga dengan biaya operasional. (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini