Badung Perlu Siapkan Rencana Cadangan

picsart 04 16 05.20.55
Tokoh Masyarakat Jimbaran, Made Subagiada.

Kuta, DENPOST.id

Rencana pembukaan pariwisata Internasional Juni-Juli 2021, menjadi harapan yang ditunggu-tunggu masyarakat. Di mana hal ini, diharapkan akan bisa menggeliatkan ekonomi masyarakat Badung dan Bali secara umum.

Namun demikian, pemerintah perlu juga menyiapkan antisipasi lain jikalau rencana ini ditunda atau dibatalkan. Sebab, kondisi ekonomi masyarakat sudah berada di titik terendah.
Saran ini, dilontarkan seorang tokoh masyarakat Jimbaran, yang juga dosen di salah satu perguruan tinggi di Denpasar, Made Subagiada, Jumat (16/4/2021).

Baca juga :  Suhu Pengunjung di Atas 37, Pengelola Uluwatu Akan Lakukan Ini

“Artinya harus ada planing lain, apa yang dilakukan jika pembukaan ditunda atau tidak jadi dilakukan ini harus disampaikan ke masyarakat,” ujarnya.

Dia menyampaikan apresiasi langkah Pemkab Badung dan Provinsi Bali yang terus gencar melakukan vaksinasi kepada masyarakat penyangga zona hijau Nusa Dua. Bahkan meluas ke zona pendukung zona hijau. “Sebagai masyarakat tentu saya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Badung yang telah memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi,” ujarnya.

Baca juga :  Target Rampung Tamaninasi Jalan Tol Bali Mandara Dimajukan

Namun setelah proses vaksinasi berjalan, perlu dipikirkan langkah lain dari pemerintah daerah, khususnya Pemkab Badung dalam menyongsong rencana pembukaan pariwisata. “Saya harap pemerintah jangan terlena dengan rencana pembukaan pariwisata Internasional. Ini harus diantisipasi, jangan sampai masyarakat yang sudah sangat mengharapkan pariwisata pulih nantinya merasa di PHP,” ungkapnya.

Dia mendorong pemerintah untuk menyiapkan dan mempunyai program cadangan yang seyogyanya dilakukan, apabila rencana pembukaan pariwisata Internasional itu tidak sesuai yang diharapkan. Khususnya terkait bagaimana langkah pemerintah daerah, dalam menyikapi kondisi masyarakat yang masih menitikberatkan pariwisata sebagai sektor penghidupan utama mereka. Karena itu, diperlukan suatu pemikiran yang inovatif dalam menyusun program yang bisa memberikan multiplayer efek kepada masyarakat. (113)

Baca juga :  Kunjungan Destinasi Pantai Meningkat, Balawista Badung Mulai Siaga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini