Peradah Bali Ajak Umat Kawal Kasus DMD ke Ranah Hukum

picsart 04 18 07.57.29
Ketua DPP Peradah Indonesia Bali, I Komang Agus Widiantara.

Sumerta, DENPOST.id

Pemuda Hindu yang bernaung dalam Peradah Bali, turut bergerak menyikapi kasus dugaan penistaan agama oleh Desak Made Darmawati (DMD).

Ketua DPP Peradah Indonesia Bali, I Komang Agus Widiantara, M.I.Kom., Minggu (18/4/2021) di Denpasar mengatakan desakan umat Hindu agar kasus itu diproses secara hukum mengalir deras.

“Ini masalah keadilan dan menguji hukum kita, apakah masih berpihak kepada minoritas atau tidak. Umat Hindu harus ikut mengawal,” ujarnya.

Bagi dia, meskipun tidak bermaksud untuk mengolok-ngolok Hindu seperti dalam pernyataan maaf DMD dihadapkan majelis Hindu, oknum dosen itu dinilai telah melecehkan, mediskriditkan dan menghina kepercayaan yang dulu ia yakini.

Baca juga :  Wisdom Padati Wisata Bahari Tanjung Benoa

Dari pengamatannya, pelecehan terhadap Hindu selama ini di Indonesia, direspon dingin oleh umat Hindu sendiri. Mulai dari perusakan tempat ibadah di berbagai daerah dengan motif tertentu hingga pelecehan simbol-simbol keagamaan yang dilakukan secara sengaja atau tidak. “Semuanya berlalu begitu saja. Dan umat Hindu mengandalkan hukum karma. Untuk kasus ini sebagai pembelajaran tentu hukum negara harus ikut hadir,” tegasnya.

Pihaknya berharap agar umat Hindu di mana pun berada untuk ikut mengawal dan memberikan dukungan kepada majelis keumatan agar kasus DMD bisa dituntaskan secara hukum. Dia juga berharap kasus ini ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yng berlaku dan prinsip keadilan, seperti yang telah dilaporkan oleh organisasi-organisasi Hindu.

Baca juga :  Perajin Kendang dan Kulkul Mulai Mengeluh Sepi Order

“Siapapun di negeri ini harus tunduk dan tidak kebal dengan hukum selama bukti kesalahannya kongkret dan merugikan terutama bagi umat Hindu,” tandasnya. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini