MESIN JUKUNG MATI, NELAYAN TIANYAR TEROMBANG-AMBING DI LAUT

MESIN JUKUNG MATI, NELAYAN TIANYAR TEROMBANG-AMBING DI LAUT
EVAKUASI – Sempat terombang-ambing akibat mati mesin, nelayan Tianyar berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, Senin (19/4/2021).

Amlapura, DENPOST.id

I Ketut Subrata (39), nelayan asal Dusun Tunas Sari, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu sempat dilaporkan hilang sejak Minggu (18/4/2021). Melaut sejak minggu sore, hingga senin pagi Subrata tak kunjung kembali. Padahal biasanya sekitar pukul 20.00 Wita  ia akan kembali dari melaut.

Dihimpun dari informasi di lapangan, ditunggu hingga pagi tak kunjung datang. Pihak keluarga lantas melapor ke pihak terkait. Senin (19/4/2021) dini hari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) mengerahkan  9 personil melakukan pencarian di seputar perairan Tianyar.  Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, menuturkan, pencarian dilakukan hingga pukul 07.35, yang akhirnya membuahkan hasil. “Kurang lebih pukul 07.35 Wita kembali diterima laporan bahwa target telah ditemukan dalam keadaan selamat, ” ungkapnya.

Baca juga :  Tak Bawa Identitas, Tiga Perempuan Asal Lombok Barat Dipulangkan

Berdasarkan pengakuan Subrata, di tengah laut mesinnya tiba-tiba mati sehingga terombang-ambing dan tak dapat kembali. “Jukung ditarik kembali ke Tianyar. Setelah kurang lebih 45 menit berselang, jukung beserta target telah sandar di Perairan Tianyar, Segara Katon, Kabupaten Karangasem, ” imbuh Darmada. Ia mengimbau nelayan yang melaut agar selalu siaga alat keselamatan. “Salah satu yang penting selalu sedia adalah pelampung. Selain itu pengecekan kondisi mesin sebelum melaut juga penting dilakukan,” sarannya.

Tak hanya perangkat keselamatan, Kepala Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III, Agus Wahyu Raharjo juga sempat mengimbau para nelayan terkait kondisi cuaca. Pihaknya menyatakan potensi gelombang tinggi dan cuaca ekstrim akan berlangsung hingga 22 April nanti. “Agar selalu waspada, selalu mengecek kondisi cuaca di situs BMKG sebelum melaut, ” ungkapnya beberapa waktu lalu. (yun)

Baca juga :  Waspadai Covid-19 di Tahun Baru, BNNK Karangasem Juga Ingatkan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini