Tradisi Ngerebong Seperti Biasa, Pamedek Diatur Sembahyang

picsart 04 19 06.33.00
NGEREBONG - Tradisi Ngerebong di Pura Agung Petilan Kesiman, sebelum pandemi Covid-19.

Kesiman Petilan, DENPOST.id

Tradisi Ngerebong di Desa Adat Kesiman, Denpasar Timur akan kembali digelar seperti biasa, Minggu (2/5/2021). Meski dilakukan seperti biasa, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat dan mengatur waktu sembahyang pamedek.

Bendesa Adat Kesiman, I Ketut Wisna, Senin (19/4/2021) mengatakan Ngerebong di Desa Adat Kesiman akan kembali digelar seperti sebelum pandemi. “Dalam proses Ngerebong ngubeng sebelumnya, beberapa pemangku mengalami kerauhan, baik di rumahnya sendiri maupun saat keluar dari Pura Agung Petilan. Dengan kejadian itu, Prajuru Desa Adat Kesiman langsung melakukan rapat dan memutuskan bahwa Ngerebong akan dilaksanakan seperti biasa, namun dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat,” kata Wisna.

Baca juga :  Modus Obati Hingga Mengancam, Balian Gadungan Setubuhi Anak di Bawah Umur

Saat prosesi ngrebong, Wisna mengaku teknisnya akan dibagi. Untuk proses persembahyangan waktunya akan dibagi. Mulai dari pagi dari pukul 08.00 Wita sampai pukul 10.00 Wita yang sembahyang dari Desa Kesiman Kertalangu, selanjutnya pukul 12.00 Wita sampai pukul 14.00 Wita (Desa Kesiman Petilan) dan terakhir pukul 14.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita (Kelurahan Kesiman).

Setelah itu, baru akan dilakukan Ngerebong dengan rangkaian ngurek dan Ngider Bhuana. (112)

Baca juga :  Debit Air Turun, Tirta Sewakadarma Minta Pelanggan Tampung Air

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini