Ashram Krishna Balarama Hormati SKB dan Keputusan Desa Adat Kesiman

picsart 04 19 06.33.34
AKTIVITAS SEPI - Suasana Ashram Krishna Balarama di Jalan Pantai Padanggalak, Kesiman yang terlihat sepi, Senin (19/4/2021).

Denpasar, DENPOST.id

Pascapenutupan aktivitas Ashram Krishna Balarama di Jalan Pantai Padanggalak, Kesiman Petilan, Dentim yang dilakukan Desa Adat Kesiman, Minggu (18/4/2021) aktivitas yang ada di ashram ini terlihat sepi.

Bidang Humas, Wayan Suasta yang ditemui di Ashram Krishna Balarama, Senin (19/4/2021) mengatakan aksi yang dilakukan Desa Adat Kesiman berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) PHDI Bali dan MDA Bali.

“Tapi sebenarnya tidak ada penutupan berdasarkan SKB. Dari koordinasi yang kami lakukan dengan PHDI, bahwa SKB itu hanya membatasi dan bukan menutup ashram. Kemarin (Minggu-red) kami didatangi Prajuru Desa Adat Kesiman di ashram dan kami terima dengan baik dan sopan. Kami juga menghormati SKB PHDI Bali dan MDA Bali, di mana untuk persembahyangan di tempat ini bisa dilakukan yang tinggal di ashram asalkan tidak melibatkan orang luar desa adat,” kata Suasta.

Suasta juga mengaku tetap berkoordinasi dengan PHDI dan pihak berwenang supaya ada harapan adanya koordinasi yang lebih baik ke ashram.

Baca juga :  Dua Sulinggih Ikut Donor Darah di Jaba Pura Puseh Denpasar

Pada intinya, lanjut Suasta, pihak yang mempermasalahkan sampradaya semestinya bertindak dan ber-statement dengan tepat sasaran, sehingga tidak melakukan kesalahan secara sekala maupun niskala. Sedangkan pihaknya dari ISKCON-Indonesia tidak melaksanakan kegiatan sampradaya di wewidangan desa adat. Karena itu, pihaknya sangat menjunjung aturan yang tercantum dalam SKB tersebut, karena memang dari sejak dulu melakukan kegiatan sampradaya hanya di ashram-ashram saja.

“Kami berusaha bijak dan berusaha mengerti posisi kami di sini dengan menghormati desa adat, menghormati PHDI dan MDA. Kami ingin menyelesaikan secara baik-baik dan kekeluargaan. Apalagi dasar kami belajar di ashram ini adalah Tri Hita Karana dengan ajaran Weda Bakti Yoga,” jelasnya. (112)

Baca juga :  37 Penyintas Covid-19 Donor Konvalesen 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini