Simpan Penyu Hijau, IRT Diamankan Polisi

picsart 04 19 07.23.16
PENYU HIJAU - Empat ekor penyu hijau diamankan di Polres Jembrana.

Negara, DENPOST.id

Jajaran Satuan Reskrim Polres Jembrana berhasil mengamankan empat ekor penyu dewasa ( chelonia mydas) yang merupakan satwa dilindungi.

Kasat Reskrim Polres Jembrana, AKP Yogie Pramagita seizin Kapolres Jembrana, Senin (19/4/2021) mengatakan penyu tersebut diamankan dari rumah SA (39) seorang ibu rumah tangga (IRT) di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara. Penyu-penyu tersebut, berhasil diamankan karena ada informasi dari masyarakat kalau ada warga yang menyimpan penyu hijau di rumahnya dan kemudian dilakukan penyelidikan.

Baca juga :  Wagub : Program Kerja Pramuka Mesti Dukung Visi Pemprov Bali

Akhirnya pada, Minggu (19/4/2021) sore pihaknya mengamankan penyu-penyu tersebut, dan dibawa ke Polres Jembrana termasuk pelaku juga diamankan.

Dari pengakuan pelaku, dia membeli penyu tersebut dari nelayan Jawa dengan harga Rp2 juta per ekor. “Sambil menunggu pembeli berikutnya baru dilepas,” jelasnya.

Pelaku mengaku baru sekali melakukan aksinya tersebut.
Pelaku dijerat pasal 21, ayat 2 Junto Pasal 40 tentang KSDA, dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara dan denda 100 juta rupiah.

Baca juga :  Pelantikan PPKD Se-Jembrana Tertutup

Agar penyu tersebut aman dan mendapat perawatan yang baik, penyu hijau tersebut diserahkan ke Penangkaran Penyu Kurma Asih Desa Perancak. “Jika penyu tersebut sudah sehat akan dilepasliarkan,” kata Koordinator Konservasi Penyu Kurma Asih Desa Perancak, Wayan Anom Astika Jaya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini