Empat ABK Bersekongkol Curi Ratusan Liter Solar

picsart 04 20 06.18.37
CURI SOLAR - Para Anak Buah Kapal (ABK) yang mencuri 800 liter solar ditangkap polisi.

Benoa, DENPOST.id

Petugas Polairud Polda Bali, menangkap empat Anak Buah Kapal (ABK) yang mencuri 800 liter solar. Solar tersebut, diambil dari Kapal Motor Penumpang (KMP) Sereia Do Mar.

Selain membekuk empat ABK, polisi juga mengamankan dua penadahnya, yakni Hendra Hariyadi (35) dan Imam Masdoeki (50).

Direktur Polairud Polda Bali, Kombes Toni Ariadi Effendi mengatakan, Selasa (20/4/2021) para tersangka yang terlibat pencurian solar, yakni Angga Prasetya alias Bass (27) merupakan kepala kamar mesin, Riky Turcahyono (33) sebagai Masinis, Lalu Muhamad Ridwan (30) dan Siswanto (37) sebagai Oilma.

Menurut Kombes Toni, modus tersangka dalam melakukan aksinya dengan mengambil solar dari kamar mesin saat mereka berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju ke Pelabuhan Gilimanuk. “Solar tersebut dimasukkan ke drum dan ditempatkan di atas palka parkiran mobil,” katanya.

Baca juga :  Masa Siswa Dirumahkan Bakal Diperpanjang

Terungkapnya kasus pencurian solar tersebut, dilaporkan oleh pemilik kapal. Kemudian petugas melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan para pelakunya di atas kapal saat sedang bekerja, Senin (4/4/2021). Setelah diinterogasi, keempatnya mengaku mencuri solar sebanyak 800 liter yang ditaruh di empat drum.

Solar itu dijual seharga Rp3.250 per liter. Sedangkan harga normalnya lebih dari Rp5.000 per liter. Ulah mereka menyebabkan pihak kapal mengalami kerugian Rp4 juta. “Para tersangka telah beraksi sejak satu tahun lalu, alasannya untuk mencari uang sampingan akibat pandemi Covid-19,” ujar Kombes Toni.

Baca juga :  Kembali Mencuri, Residivis Asal Jembrana Terpaksa Ditembak Polisi

Hasil pengembangan, polisi menyita satu unit mobil L 300 dengan nopol DR 8621 BZ di Desa Perancak, Jembrana. Mobil itulah yang digunakan penadah untuk mengangkut solar yang dibeli dari atas KMP Seria Do Mar. Di mobil diamankan Hendra selaku sopir dan Imam selaku kernet. “Mereka langsung kami amankan beserta empat drum berisi solar yang diangkut dan lima drum kosong,” ungkapnya. (124)

Baca juga :  MUSIM PANEN, PULUHAN KILOGRAM GANJA MASUK BALI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini