Puluhan Anjing di Kelurahan Ubung Divaksin

picsart 04 22 11.16.45
DIVAKSIN – Dokter hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Ari Mega, memvaksin anjing milik warga lingkungan Br. Umasari, Kelurahan Ubung, Kamis (22/4/2021).

Ubung, DENPOST.id

Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar kembali melakukan vaksinasi anjing. Kamis (22/4/2021) dilaksanakan di Kelurahan Ubung.
’’Kita menerjunkan tim dokter hewan dari Dinas Pertanian Kota Denpasar dan dokter hewan dari yayasan melakukan vaksin di balai banjar dan balai desa, selain menyisir anjing liar maupun anjing dipelihara belum divaksin. Karena Kelurahan Ubung merupakan perbatasan dengan Kabupaten Badung banyak anjing liar atau diliarkan pemiliknya rentan tertular penyakit rabies,’’ kata Kabid Peternakan dan Keswan, Drh. Made Ngurah Sugiri.

Baca juga :  Tabrak Tiang Listrik, Dua Pemuda Tewas

Dia menjelaskan, selama Maret 2020 hanya mampu memvaksin 4 persen lebih lebih dari populasi yang tersebar di empat wilayah kecamatan sebanyak 89.796 ekor. Sebab, vaksinasi anjing tidak boleh mengundang kerumunan, mengingat pandemi Covid-19. ”Kami memvaksin anjing menerapkan pola jemput bola ke balai banajr, rumah warga, menyusuri tempat umum, lahan kosong dan tempat strategis lainnya mencari anjing liar dan diliarkan guna memperkebal imun tubuh anjing agar tidak mudah tertular rabies,’’ terangnya.

Baca juga :  Cegah Warga Luar Masuk, Kelurahan Ubung Patroli Bersama

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya sudah menyelesaikan vaksinasi 14.962 ekor anjing (91,89 persen) dari populasi yang ada 16.283 ekor di 90 dusun tersebar di delapan desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Denpasar Barat (Denbar). Program vaksin ini tidak berhenti, namun terus jalan lewat program vaksinasi dengan mendatangi balai banjar, rumah atau anjing liar dan diliarkan pemiliknya. (103)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini