HARI KEDUA, TNI TERJUNKAN 21 KRI

HARI KEDUA, TNI TERJUNKAN 21 KRI
KETERANGAN PERS - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad, saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan pencarian Kapal Selam Nanggala-402.

Kuta, DENPOST.id

Pencarian Kapal Selam Nanggala-402 terus gencar dilakukan pihak TNI. Perkembangan terbaru, untuk memaksimalkan pencarian di hari kedua, sebanyak 21 KRI dikerahkan dibantu kapal milik kepolisian dan negara-negara sahabat. Hal itu diungkapkan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Achmad Riad, saat memberikan keterangan pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Jumat (23/4/2021).

Dipaparkannya, saat ini posisi Kapal Nanggala-402 diperkirakan dalam keadaan diam. Untuk memaksimalkan pencarian di hari kedua, sebanyak 21 KRI termasuk KRI Alugoro yang juga merupakan kapal selam milik TNI AL juga dilibatkan. Selain itu pihaknya juga mendapat bantuan dari kapal kepolisian sebanyak 4 kapal yang memiliki unit drone dan juga alat sonar 3 dimensi.

Baca juga :  Penyemprotan Disinfektan Badung Sasar Tempat Ibadah

Pihaknya juga dibantu kapal-kapal milik negara sahabat. Seperti MV Swift milik Singapura yang diharapkan bisa tiba Jumat sore.

“Untuk MV Mega Bakti milik Malaysia  saat ini masih dalam perjalanan. Ada juga kapal dari dari Australia dan  India, kami harapkan juga bisa segera merapat,” ujarnya.

Salah satu kapal yang memiliki kemampuan memonitor bawah laut yaitu KRI Rigel juga dikerahkan dan sudah mulai mendekat ke lokasi.

Baca juga :  Bupati Giri Prasta Sampaikan LKPJ Tahun 2020

“Kami harapkan Jumat sore ini atau siang ini bisa merapat,” imbuhnya.

Dipaparkanya pula, semua perairan di wilayah Bali sudah dilakukan pencarian  dengan mengerahkan peralatan yang ada. Dia berharap dengan sumber daya yang dikerahkan bisa mempercepat untuk mengetahui posisi yang pasti.

Sesuai hasil pencarian sebelumnya, salah satu titik yang kuat akan difokuskan menggunakan kapal Rigel yang memang memiliki kemampuan mendeteksi bawah laut.

Baca juga :  Polres Jembrana Amankan Enam Unit Kendaraan Bodong

“Untuk mencari hasil yang didapat terkait gelombang magnetik, akan kembali dicek. Mudah-mudahan itu menjadi titik terang,” pungkasnya. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini