Pujawali di Pura Sakenan Hanya Sehari, Pamedek Dibatasi

picsart 04 23 07.52.59
PERSIAPAN PUJAWALI - Suasana persiapan pujawali di Pura Sakenan, Serangan, Denpasar Selatan.

Serangan, DENPOST.id

Pujawali di Pura Sakenan, Serangan, Denpasar Selatan yang dilaksanakan pada hari raya Kuningan, Sabtu (24/4/2021) dilaksanakan hanya sehari dan pamedek pun dibatasi. Hal itu dilakukan karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Manggala Karya Pujawali Pura Sakenan, Ida Bagus Pidada, saat dihubungi, Jumat (23/4/2021) mengatakan pujawali di Pura Sakenan tidak akan nyejer selama tiga hari. Tetapi pelaksanaannya hanya satu hari.

Baca juga :  ISI Denpasar Tampilkan Gambyuh Agung pada Pawai PKB ke-44

“Sesuai dengan koordinasi dengan Puri Agung Kesiman sebagai Pangempon Pura Sakenan yang didukung Pemkot Denpasar dan berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, diputuskan pelaksanaan pujawali hanya sehari saja,” kata IB Pidada.

Saat Kuningan, lanjut dia, ida pedanda mulai mapuja pukul 10.00 Wita, yang menandakan mulainya piodalan dengan upakara pebangkit dan pakelem ke segara. Pujawali tersebut, nantinya akan dipuput dua pedanda, yakni Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa dari Griya Sari Tegal dan Ida Pedanda Buda Jelantik Giri dari Griya Gunung Sari, Ubud. Selanjutnya malam harinya pukul 22.00 Wita, akan diadakan meilen-ilen mendak ida batara di Pura Sakenan.

Baca juga :  Besok, ABK Boat Pelabuhan Sanur Jalani Rapid Test

“Saat umanis Kuningan, Minggu (25/4/2021) baru akan melaksanakan penganyar yang akan dilaksanakan pagi sekitar pukul 09.30 Wita dengan upakara pulagembal. Selanjutnya rangkaian upacaranya berupa pengilen penyineban karya yang dilaksanakan pukul 13.00 Wita. Ida batara mesineb langsung budal sekitar pukul 16.00 Wita, dan upacara selesai,’’ ujarnya. (112)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini