Dari Desa Ini, Bocah Ahli Budidaya Vanili

picsart 04 23 07.54.30
AHLI VANILI - Nyoman Gede Maha Sukerta (9), siswa SD 2 Ambengan, Sukasada yang ahli budidaya vanili.

Singaraja, DENPOST.id

Siapa bilang bertani dilakoni oleh yang sudah berumur. Kini, dijaman pandemi, selain kaum milenial yang getol terjun di dunia pertanian ternyata ada bocah yang secara otodidak ahli dalam budidaya vanili. Dia adalah Nyoman Gede Maha Sukerta (9) siswa SD 2 Ambengan, Sukasada.

Bocah ini, ternyata memiliki hobi mengamati gerak-gerik ayahnya, Wayan Rinaya yang notabena seorang petani vanili tulen. Ilmu budidaya vanili yang dikembangkan berdasarkan pengalamannya sejak kecil. Ilmu turunan dari ayahnya lanjut diturunkan kepada sang anak.

Baca juga :  Sebelum Terbakar, Inna Bali Beach Diduga Disambar Petir

“Saya hanya petani tulen dari desa. Ilmu budidaya vanili saya dapatkan secara turun temurun dan berkembang sesuai pengalaman,” ucap Rinaya, saat ditemui dirumahnya, Jumat (24/4/2021) di Desa Ambengan, Sukasada.

Sementara keahlian sang anak menurut dia, diturunkan secara otomatis. “Kalau diajari malah nggak mau, namanya saja anak kecil. Tetapi dia sering memperhatikan saya saat merawat vanili di kebun atau dirumah,” imbuhnya.

Baca juga :  Rekonstruksi Pembunuhan Istri, Tersangka Peragakan 19 Adegan

Sementara Nyoman Gede Maha Sukerta, yang akrab disapa Oming ini dengan bersemangat menjelaskan budidaya vanili dengan lancar dari pembibitan hingga panen. “Cita-cita saya jadi petani sukses dengan salam sehat, kaya luar biasa,” ucapnya menirukan slogan sang ayah.(118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini