Anak-anak Penjual Tisu Tidur di Kolong Jembatan, Suwirta Rencanakan Ini

picsart 04 25 05.43.46
ANAK JUALAN - Sejumlah anak berjualan tisu dan masker di jalan dan Pasar Sengol, Klungkung.

Semarapura, DENPOST.id

Makin banyaknya anak-anak yang menjual masker dan tisu di seputaran Kota Klungkung mendapat perhatian Bupati, I Nyoman Suwirta. Dalam waktu dekat, orang nomor satu di Klungkung ini mengatakan akan menemui Bupati Karangasem, I Gede Dana untuk membahas hal itu.

Apalagi mayoritas anak-anak penjual masker dan tisu tersebut berasal dari Karangasem. Bahkan ada yang sehari-hari tidur di kolong
jembatan Tukad Unda.

“Saya sudah sempat terjun ke titik-titik yang kerap dipilih anak-anak untuk menjajakan tisu dan masker. Seperti di Pasar Sengol. Dan hasilnya memang sejumlah anak usia sekolah berjualan tisu dan masker. Setelah diajak berkomunikasi, mereka mengaku berasal dari Karangasem dan selama berjualan di Klungkung, mereka juga mengaku tidak memiliki tempat tinggal tetap. Bahkan ada yang nekat tidur di kolong jembatan Tukad Unda,” ungkap Bupati Suwirta, beberapa waktu lalu.

Melihat situasi ekonomi yang terpuruk karena pandemi Covid-19, bupati asal Nusa Ceningan inipun memahami apa yang dilakukan anak-anak tersebut pasti karena himpitan ekonomi. Apalagi yang melakukan hal itu tidak hanya anak-anak saja. Ada pula satu keluarga asal Karangasem yang memilih berjualan tisu dan masker di Klungkung.

Baca juga :  Calon Panwascam Wajib Tunjukan Bukti Vaksin Covid-19 Dua Kali

“Bagaimanapun mereka adalah anak-anak kita semua. Saya kira mereka tidak ada niat, mungkin karena keadaan yang membuat mereka seperti ini karena himpitan ekonomi,” ujarnya.

Walau demikian, mengingat Klungkung sudah menyandang status sebagai Kota Layak Anak, maka mau tidak mau Bupati Suwirta harus mengambil tindakan tegas. Hal ini dilakukan untuk menepis adanya kesan pembiaran adanya eksploitasi anak. Untuk itu, bSuwirta mengatakan akan segera mengumpulkan anak-anak penjualan tisu dan masker yang berjualan di seputaran Klungkung.

Baca juga :  Nama Suwirta Dicatut, Janjikan Jabatan dan Bantuan untuk Perbekel

Setelah itu, dirinya juga akan bertemu dengan Bupati Karangasem, I Gede Dana untuk membahas persoalan tersebut. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini