Keluarga Kapten I Gede Kartika akan Gelar Upacara Ngaben di Karangasem

picsart 04 26 03.30.08
NEBUSIN - Kerabat Kapten I Gede Kartika saat menggelar upacara nebusin di Celukan Bawang, Buleleng.

Amlapura, DENPOST.id
Harapan keluarga Kapten I Gede Kartika kini pupus. Minggu (25/4/2021), seluruh awak Kapal selam KRI Nanggala 402 termasuk Kartika dinyatakan gugur di perairan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng.

picsart 04 26 03.30.44
Kapten I Gede Kartika

Lahir di Gorontalo, I Gede Kartika memiliki rumah tua (induk) di Desa Lebu, Kecamatan Sidemen, Karangasem. Pihak keluarga pun berencana akan menggelar upacara ngaben di Desa Lebu.

Paman korban, I Wayan Darmanta, mengungkapkan, pascadinyatakan gugur, Senin (26/4/2021) pagi pihak keluarga mengadakan upacara nebusin di perairan Celukan Bawang, Buleleng. “Walau telah dinyatakan tiada. Kami tetap berupaya agar Gede tenang dan kami keluarga jauh merasa lebih tenang dengan menggelar upacara ini, ” ungkap Darmanta ditemui usai acara nebusin.

Baca juga :  Polisi Kawal Ketat Rapid Test di Klungkung

Darmanta memastikan korban akan diupacarai di Desa Lebu. Ditanya terkait waktu pihaknya masih menunggu keputusan pihak TNI. “Keluarga besar di Gorontalo termasuk orang tua Gede sudah menyatakan untuk melakukan prosesi di Bali, Di Desa Lebu, ” imbuhnya.

Di usia ke 34 tahun, I Gede Kartika telah menyandang gelar Kapten. Darmanta menuturkan, keponakannya memang memiliki cita-cita menjadi TNI AL sejak kecil. Bahkan saat pendidikan Gede sempat menyandang predikat 10 besar nilai terbaik. “Terakhir pulang 2,5 tahun lalu. Sebelumnya kalau ada upacara Gede sering pulang,” ungkapnya.

Baca juga :  Telan Rp3,301 Miliar, Pembangunan Gedung MDA Jadi Terobosan Ini

Dalam gugurnya, Putra dari I Nengah Renes dan Ni Wayan Sudarmi ini meninggalkan seorang anak berusia 2,5 tahun. Tak hanya itu, sang istri kini tengah hamil 7 bulan. “Kedua orangtuanya dahulu transmigrasi ke Sulawesi. Sejak Gede lahir sudah di sana. Namun Gede tinggal di Surabaya bersama istri dan anak karena tugas di sana,” pungkasnya. (Yun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini