Sempat Kolaps, LPD Desa Adat Selat Dihidupkan Kembali

Sempat Kolaps, LPD Desa Adat Selat Dihidupkan Kembali
PERESMIAN - Peresmian Badan Usaha Milik Desa Aat (Bumda) dan Perpustakaan Desa Adat, di Desa Selat, Susut, Senin (26/4/2021). DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Sekian tahun mengalami kolaps, Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Selat, Kecamatan Susut, Bangli akan dihidupkan kembali. Para prajurunya pun sudah mulai melakukan penjajakan dan membentuk panitia untuk melakukan kajian dengan para ahli. Demikian diungkapkan Bendesa Adat Selat, I Ketut Pradnya, di sela peresmian Badan Usaha Milik Desa Adat (Bumda) dan Perpustakaan Desa Adat, Senin (26/4/2021).

“Dalam upaya membangkitkan LPD panitia telah dibentuk sebulan yang lalu. Di mana panitia diberikan bekerja selama  setahun. Mereka memiliki tugas untuk mengambil potret sebelumya.  Apakah ada peluang disembuhkan, khususnya masalah aset dan solusi apa yang akan diambil nantinya,” ujarnya.

Baca juga :  Dewan Soroti Program Hibah Belum Merata di Bangli

Selain  membentuk panitia, pihaknya juga telah meminta  bantuan dari ahli hukum serta pihak-pihak profesional yang telah terbiasa menangani keuangan LPD kolaps. “Setelah potret LPD sebelumnya  bisa diketahui, kami baru bisa menentukan langkah dan megambil solusinya,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Bangli khususnya dengan OPD yang membidangi tentang LPD ini.

Pradnya berharap, LPD ini basa dibangkitkan  kembali sehingga bisa bernaung di bawah Badan Usaha Milik Desa Adat (BUMDA), bersama unit usaha lainnya seperti koperasi dan warung desa adat. “Kami  harap unit-unit usaha ini  nantinya bisa berjalan selaras guna meningkatkn pendapatan asli desa adat (PADA),” tandasnya. (128)

Baca juga :  Sebaran Kasus Rabies di Bangli Meningkat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini