Kondisi Tujuh Lumba-lumba di Pantai Mertasari Jadi Sorotan

Kondisi Tujuh Lumba-lumba di Pantai Mertasari Jadi Sorotan
DITUTUP - Lokasi lumba-lumba di Pantai Mertasari yang sudah ditutup Kementerian LHK sejak 19 April 2020 lalu.

Sanur, DENPOST.id

Tujuh lumba-lumba hidung botol dalam kondisi dikabarkan memprihatinkan di keramba di kawasan Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar Selatan, menjadi sorotan sejumlah aktivis satwa. Pasalnya, kondisi mamalia laut itu dinilai memprihatinkan. Kabarnya, dua dari tujuh lumba-lumba tersebut dalam kondisi sakit dan harus segera mendapatkan penanganan.

Seorang sumber pada Selasa (27/4/2021) mengatakan, lokasi penangkaran lumba-lumba terletak di keramba besar di tengah laut. Meski terlihat dari kawasan Pantai Mertasari, untuk melihat secara langsung tujuh lumba-lumba itu, harus menggunakan perahu atau boat. “Lumba-lumba tersebut milik salah satu perusahaan di Sanur. Sebelumnya, lumba-lumba ini dipertontonkan kepada wisatawan. Namun operasional perusahaan ini ditutup pada 19 April 2020 lalu karena ada masalah perizinan,” ungkap sumber yang juga seorang aktivis satwa.

Baca juga :  Antisipasi Massa Tolak Omnibus Law, Ratusan Aparat Siaga

Karena operasional perusahaan tersebut ditutup, pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) telah memasang spanduk penghentian kegiatan peragaan lumba-lumba di tempat tersebut. Selanjutnya, Kementerian LHK menyerahkan pengawasan ke pihak BKSDA Bali untuk dilakukan relokasi ke tempat penangkaran lumba-lumba. “Hanya saja, hampir satu tahun pascaditutup, lumba-lumba tersebut masih berada di lokasi penangkaran dan tidak dikembalikan ke habitatnya,” imbuhnya.

Informasi lainnya menyebutkan, perusahaan tersebut masih melakukan operasional peragaan lumba-lumba secara sembunyi-sembunyi. “Harusnya BKSDA Bali segera mengambil langkah tegas terkait keberadaan lumba-lumba tersebut. Apalagi ada beberapa lumba-lumba yang sakit dan harus segera dirawat,” pungkasnya.

Baca juga :  Tekan Klaster Baru Covid-19, Ini Pesan Dirlantas Polda Bali

Kepala BKSDA Bali, Agus Budi, belum memberikan komentar karena sakit dan masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit. “Saya sedang opname,” ujarnya singkat saat dimintai konfirmasi via WhatsApp. (124)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini