Bayar Kaul Lulus Magister, Dewi Pradewi Produksi Buku “Tato Perempuan Bali”

0
10
picsart 04 29 07.13.15
Penyanyi Bali, Dewi Pradewi.

LULUS dengan predikat Cum Laude Prodi Magister Kajian Budaya Universitas Udayana tahun 2019, merupakan capaian terbaru dalam karir penyanyi Bali, Dewi Pradewi.

Rasa senang itu, ia wujudkan dengan membayar dua kaul. Menato punggung dan kedua tangannya secara penuh, serta memproduksi buku tentang tato dari hasil penelitiannya.
“Buku ini, hampir 99 persen akurat karena ini hasil penelitian S2 saya. Ini kaul saya sebenarnya, karena saya tidak ingin hasil penelitian saya itu cuman ditaruh di perpustakaan yang hanya bisa dinikmati mahasiswa di Universitas Udayana aja dong,” ujar Pradewi, Kamis (29/4/2021).

Buku berjudul Tato Perempuan Bali akan diluncurkan pada Jumat (30/4/2021) di Denpasar. Buku ini, menggambarkan fakta tentang tato, yakni terhadap laki-laki distigma premanisme, sedangkan terhadap perempuan dipandang seksual.

Baca juga :  Pasien Sembuh 25 Orang, Kasus Positif 11 Orang

Kondisi itu, yang membuatnya segera meluncurkan buku bersampul hitam itu. Bahkan dia melihat fenomena bully kepada perempuan yang bertato cukup menjadi ancaman psikologi perempuan yang bertato.
Bagi dia, produksi buku ini adalah gerakan emansipatoris untuk kesetaraan laki-laki dengan perempuan. “Kenapa saya angkat Tato Perempuan, karena ini dianggap masalah ketika perempuan bertato, bukan laki-laki,” sahutnya.

Dalam buku ini, perempuan asal Denpasar ini mengajak masyarakat dan perempuan yang bertato bijak memaknai tato. Perempuan Bali harus bisa menempatkan tato sesuai dengan desa kala patra.
Misalnya tetap santun dalam berbusana, menyesuaikan penampilan dengan lingkungan, kegiatan dan situasi.

Baca juga :  Pangdam Ingatkan Prokes, KPU Pastikan KPPS Non Reaktif

“Misalnya masak ke pasar harus pakai tengtop, kalau mau ke pura masak ngga kita tutup sih tato kita,” ungkapnya.

“Dan satu lagi, kalau menurut kami tato ini seni, kenapa ngga dikonsepin. Jangan ngawur menggambar tato itu, karena tubuh kita sendiri mahal,” tutupnya. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini