Masuk KSPN, Kawasan Amed akan Ditata

Masuk KSPN, Kawasan Amed akan Ditata
SOSIALISASI - Sosialisasi penataan kawasan Amed oleh Tim Ahli Unud, beberapa waktu lalu.

Amlapura, DENPOST.id

Lama diusulkan, akhirnya rencana pembangunan pelabuhan penumpang dan pariwisata Amed akan terwujud. Dianggarkan Rp 20 miliar, Tim Teknis Universitas Udayana, Ida Bagus Adnyana, menuturkan eksekusi pembangunan harus direncanakan matang, agar anggaran dapat terserap optimal.

“Langkah pertama kami mencari data sosial, dilanjutkan dengan membagikan angket untuk mengetahui keinginan masyarakat. Apakah kegiatan penataan ini disetujui apa tidak oleh masyarakat,” ungkapnya saat memberi sosialisasi rencana pembangunan, beberapa waktu lalu.

Baca juga :  Mas Sumatri Pimpin Penyemprotan Disinfektan

Tak hanya pembangunan pelabuhan, kawasan Amed juga akan mulai ditata. Informasi di lapangan, dalam penataan ada beberapa usulan. Salah satunya membangun lintasan jogging di pesisir pantai. “Ada 3 alternatif lokasi yang bagus dalam pembangunan pelabuhan. Di antaranya Pantai Area TPI Amed, Pantai Area Objek Wisata Tirta Jemeluk dan yang terakhir adalah Pantai Area Teluk Jemeluk,” papar Adnyana.

Dia menambahkan, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Gede Samsi Gunarta mengatakan Amed masuk dalam Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN). Terkait itu, pusat mempertimbangkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam penataannya, salah satunya dalam pembangunan pelabuhan ini. “Tidak kalah penting adalah kesiapan lahan, setelah persyaratan tersebut sudah terpenuhi baru kami bawa ke pusat untuk memrosesnya,” katanya.

Baca juga :  Bertambah Dua Positif dari Penularan Pasien Asal Padangkerta

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa berharap agar masyarakat mendukung proyek ini. Sebab, akan berdampak besar pada kemajuan perekonomian masyarakat sekitar. “Dapat ikut berpartisipasi dengan ikut serta memberi masukan dan usulan dalam pembangunannya, ” sarannya. (yun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini