Grand Final Mixologi Arak Bali, Dana Sekaligus Promosi Wisata

Grand Final Mixologi Arak Bali, Dana Sekaligus Promosi Wisata

Amlapura, DENPOST.id

Seluruh finalis  Lomba Mixologi Arak Bali dipertemukan di Taman Ujung Soekasada, Desa Tumbu, Karangasem, Sabtu (1/5/2021).  Seluruh peserta kembali diadu kemampuannya dalam meramu arak tradisional Bali menjadi minuman kelas internasional. Dihadiri Bupati Karangasem, I Gede Dana, pihaknya berharap lomba yang digelar di salah satu situs bersejarah Karangasem ini dapat menjadi media promosi.

“Semoga melalui kegiatan ini selain melestarikan arak tradisional juga bisa menjadi media promosi destinasi pariwisata Taman Ujung serta tempat wisata lainnya yang ada di Karangasem,” ungkap Dana.

Baca juga :  Dua Bulan Jadi Penjabat Sementara, Lihadnyana Pamitan

Sementara itu, Koordinator acara Grand Final Lomba Mixologi Arak Bali, Made Ramia Adnyana, menuturkan, ada 27 finalis yang beradu keahlian pada lomba ini. Peraturan lomba yang cukup ketat diberlakukan. Salah satunya penggunaan bahan dasar atau produk lokal. “Bahan yang digunakan harus bersertifikat BPOM dan memiliki pita cukai,” ungkap Adnyana.

Kreativitas peserta dalam menyajikan minuman berbahan dasar arak menjadi produk bernilai jual jadi penilaian utama.

Baca juga :  Jika Positif Covid, BKPSDM Siap Jadwalkan Ulang SKD

Lebih lanjut Adnyana menyatakan, lomba ini digelar dengan harapan petani arak dapat kembali bergairah dalam produksi.

Acara ini juga dihadiri Gubernur Bali, I Wayan Koster. Ia menyatakan Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 tahun 2020 tentang tata kelola minuman fermentasi dan atau destinasi khas Bali, membuat petani arak memiliki pegangan untuk berproduksi. Dengan Pergub ini ia berharap semua pihak berani tampil memperkenalkan salah satu warisan yang patut dilestarikan. “Karena petani arak sebagian besar ada di Karangasem, saya meminta Gede Dana agar menjaga sehingga warisan arak tradisional ini bisa tetap terjaga dan lestari, ” pungkasnya. (c/yun)

Baca juga :  Mas Sumatri Memohon Sampai Menangis, Karantina di Sengkidu Akhirnya Diterima

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini