Ini 9 Usulan Nama untuk Ibu Kota Bangli

Ini Usulan Nama-nama untuk Ibu Kota Bangli
PERTEMUAN - Suasana pertemuan di Kantor PHDI Bangli terkait pergantian nama Ibu Kota Bangli. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Menjelang HUT ke-817 Kabupaten Bangli 10 Mei mendatang, muncul isu pergantian nama Ibu Kota Bangli. Berbagai usulan nama sudah santer bermunculan seperti Arumpura, Pura dan Sukha Pura. Tiga nama tersebut merupakan usulan dari tokoh Puri Agung Bangli. Selain itu, ada pula enam usulan nama dari pertemuan di Kantor Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Bangli.

Untuk penentuan nama baru ini, jajaran Pemkab Bangli bahkan sudah menggelar persembahyangan bersama di Pura Kehen yang langsung dipimpin Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta beberapa hari lalu.

Baca juga :  Kapolres Bangli Imbau Masyarakat Patuhi Prokes

Sejalan dengan itu, Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Bangli juga menggelar pertemuan untuk pembahas penamaan ibu kota Kabupaten Bangli tersebut, Minggu (2/5/2021). Pertemuan melibatkan Jro Gede Batur Mekalihan, tokoh masyarakat, tokoh adat hingga akademisi.

Dari pertemuan di PHDI itu menghasilkan enam usulan nama untuk Ibu Kota Bangli yakni, Ranu Pura, Wijaya Nagari, Raktakara Pura, Nahamerta Pura, Singhamandawa dan Cintamani. “Hasil dari pertemuan tadi, ada tambahan enam usulan nama ibukota Bangli yang masuk. Dalam hal ini, PHDI tugasnya hanya menampung aspirasi dan masukan dari tokoh-tokoh itu,” ungkap Ketua PHDI Bangli, I Nyoman Sukra.

Baca juga :  Dua Siswa Tenggelam di Bendungan Palasari

Ditanya seberapa mendesak pembahasan nama Ibu Kota Bangli, Sukra menjelaskan, dari hasil pertemuannya dengan Bupati Sedana Arta lantaran ada usulan atau aspirasi dari masyarakat bawah. “Dari koordinasi saya dengan Bapak Bupati, supaya tidak menimbulkan pro kontra, awalnya dalam rangka memperbaiki kondisi kabupaten/kota, sehingga alangkah baiknya kami punya nama ibu kota kabupaten, sehingga diserahkan kepada keluarga Puri Agung yang sebelumnya telah menelorkan tiga nama ibu kota Bangli,” bebernya. (128)

Baca juga :  Polisi Amankan Pelaku Curanmor di Empat Wilayah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini