Terkendala Jaringan Internet, Siswa SD di Nusa Penida Ujian Luring

Terkendala Jaringan Internet, Siswa SD di Nusa Penida Ujian Luring
UJIAN - Siswa SD di Klungkung mengembalikan soal dan jawaban ujian sekolah, Senin (3/5/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Ujian Sekolah (US) untuk tingkat SD mulai digelar secara serentak, Senin (3/5/2021). Untuk di Klungkung, ada sekolah khususnya di Kecamatan Nusa Penida yang memilih melaksanakan ujian dengan cara luar jaringan (luring) atau tatap muka di tengah kondisi Pandemi Covid-19. Ujian dengan cara luring ini terpaksa dilakukan karena wilayah kepulauan Nusa Penida masih terkendala jaringan internet.

Selain itu ada satu SD di Nusa Penida yakni SDN 8 Sakti tidak melaksanakan ujian karena tidak punya siswa kelas VI.

Baca juga :  DPRD Klungkung Minta Pemkab Tindaklanjuti Temuan BPK

Kepala Dinas Pendidikan Klungkung, Ketut Sujana, mengatakan, Disdik memberikan kewenangan kepada sekolah untuk menentukan sistem US yang akan ditempuh. Selain daring, sekolah juga boleh melakukan ujian tatap muka. Dengan catatan, semua guru sudah memperoleh vaksin Covid-19 dua kali. Di  samping itu, siswa yang hadir hanya peserta ujian saja (kelas VI) dan juga wajib taat menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk di Klungkung, tidak semua sekolah ujian via online, kalau tidak ada internet bisa melaksanakan luring atau tatap muka,” terangnya didampingi Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan,  Made Ardana.

Baca juga :  Cek Tanggul dan Pelayanan Publik di Nusa Penida, Temukan Banyak Warga Tak Gunakan Masker

Menurut Sujana, pada hari pertama pelaksanaa ujian,  dari 136 SD yang ada di Klungkung, sekitar 62 sekolah menerapkan ujian tatap muka. Utamanya sekolah-sekolah yang berada di Kecamatan Nusa Penida.

“Karena masalah jaringan dan juga sesuai SKB 4 menteri yang menerangkan bisa dilakukan tatap muka terbatas asal guru-guru sudah divaksin dua kali,” imbuhnya.

Sementara untuk di Klungkung daratan (Kecamatan Klungkung, Dawan, dan Banjarangkan), mayoritas sekolah menerapkan ujian sistem daring (online). (119)

Baca juga :  Buang Limbah ke Sungai, Usaha Potong Ayam Ditutup Satpol PP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini